22 Nov 2013

Aqidah Menurut Perspektif Metodologi Pendidikan Islam

Oleh MuFe El-Bageloka

Masalah yang paling dasar yang harus kita ajarkan kepada peserta didik kita yakni masalah prinsip atau dalam istilah syariat Islam, AQIDAH. Karena ini adalah pondasi untuk membentuk karakter peserta didik kita untuk lebih memahami hakikat kehidupan yang sebenarnya.

Biasanya seseorang tanpa prinsip (Aqidah) yang jelas maka dapat dipastikan dia seperti kertas yang diterbangkan oleh angin tanpa arah yang jelas dan inilah yang menjadi pondasi awal seorang pendidik dalam mendidik maupun mengajar. Dalam surat Luqman Allah SWT berfirman ayat 13 "Dan ingatlah ketika Luqman berkata kepada anaknya, ketika dia memberi pelajaran kepadanya, "Wahai anakku! Janganlah engkau mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan Allah adalah benar-benar kedzaliman yang besar"
Ayat ini secara gamblang menjelaskan bahwa prinsip (Aqidah) merupakan sesuatu yang sangat fundamental untuk diajarkan kepada peserta didik yang disertai dengan metode yang cocok dengan mereka yakni METODE KASIH SAYANG.
Metode kasih sayang merupakan metode yang lebih memperhatikan kesenangan peserta, kenyamanan mereka dalam proses pembelajaran yang diterapkan oleh Pendidik. Coba perhatikan bagaimana Luqman memanggil anaknya dengan kata-kata mesra yakni wahai anakku. Menurut penulis panggilan kata-kata mesra kepada peserta didik sangat berpengaruh pada psikis dari peserta didik itu untuk bersemangat menikmati proses pembelajaran yang disajikan oleh peserta didik.
Untuk menerapkan metode kasih sayang ini, hal pertama yang perlu diperhatikan oleh pendidik adalah waktu, menurut penulis waktu yang tepat antara lain;
1. Waktu ketika sedang makan
2. Sedang jalan atau lagi santai
3. Ketika mau tidur; di sini dongeng sebelum tidur sangat berpengaruh besar.

tauhid sebagai paragdigma keilmuan dan pendidikan menurutku Paradigma Keilmuan ialah tauhid menjadi bagian dari khazanah keilmuan Islam yang perlu dikaji secara komprehensif dan mendalam. Sedangkan tauhid sebagai pendidikan yakni pelajaran tauhid itu harus ada dalam kurikulum pendidikan baik Pendidikan Islam maupun pendidikan Umum, karena tauhid ini merupakan sesuatu yang penting.
Firman Allah SWT dalam surat Muhammad ayat "Ketahuilah bahwa tidak ada tuhan selain Allah.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata