12 Apr 2012

SILLABY PERKULIAHAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM



Dosen Pembina           : Prof. Dr. Tobroni, M.Si.

Jurusan/Prodi              :  Tarbiyah

Semester                      : VI (tujuh)

Tahun Akademik        : 2011/2012

 

Tujuan Perkuliahan:

    Mengkaji dan mengembangkan paradigma dan teori pendidikan Islam dalam perspektif filosofis, teologis dan spiritualitas
    Mengkaji dan mengembangkan konsep, tujuan, kurikilum dan komponen-komponen lain dalam pendidikan Islam dari perspektif al-Qur’an dan al-Hadis
    Mengkaji dan mengembangkan pemikiran para tokoh tentang pendidikan Islam, baik yang bersifat normative, teoritik maupun praktik
    Mengkaji dan mengembangkan gagasan-gagasan baru dalam pendidikan Islam



Materi Perkuliahan:

KULIAH KE 1: ORIENTASI UMUM DAN SISTEM PERKULIAHAN

KULIAH KE 2: PENDAHULUAN

    Manusia makhluk berfikir, bertanya, mencari solusi, menemukan ide-ide baru, ilmu  baru
    Berfikir dalam berfilsafat ada kaidah-kaidah dan pola-polanya yang tidak sama dengan menghayal atau berfantasi
    Berfikir antara teks dan konteks dan kebebasan berfikir
    Problem-problem pendidikan Islam yang memerlukan solusi
    Perlunya ide-ide baru dalam pendidikan Islam

KULIAH KE  3: KERANGKA FILSAFAT, TEOLOGI DAN SPIRITUALITAS DALAM PENDIDIKAN

    Konsep paradigma menurut Thomas Kuhn
    Konsep filsafat          
    Konsep teologi
    Konsep spiritualitas
    Kerangka filosofis, teologis dan spiritualitas dalam pendidikan

KULIAH KE 4: HAKEKAT PENDIDIKAN (I)

1.    Konsep dan pendidikan

2.    Pendidikan dan kehidupan

3.    Fungsi pendidikan

4.    Seputar Konsep Pendidikan Islam  

5.    Pemikiran Filosofis Tentang Pendidikan Islam  



KULIAH KE 5: VISI DAN MISI PENDIDIKAN ISLAM    (II)

1.      Rahmat Bagi Semesta Alam  

2.      Menghargai Ilmu dan Orang yang Berilmu  

3.      Membangun Peradaban di Era Informasi 

4.      Penyelamat Peradaban Umat Manusia 



KULIAH KE 6: TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM   (III)

    Rumusan Tujuan Pendidikan Islam  
    Strategi Merumuskan Tujuan  
    Setting Sosial dalam Merumuskan Tujuan  
    Hambatan dalam Mencapai Tujuan   





KULIAH KE 7: KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM    (IV)
1.      Pandangan Islam Tentang Ilmu Pengetahuan  
2.      Pandangan Islam Tentang Akhlak dan Perdaban 



KULIAH KE 8: PRADIGMA KEMANUSIAAN DALAM PENDIDIKAN  (V)

1.    Perjalan Hidup Manusia

2.    Kehewanan dan Kemanusiaan Manusia

3.    Jati Diri Manusia

4.    Kebebasan Manusiaan 

5.    Tugas Hidup Manusia

6.    Muhammad Profil Ideal Manusia

7.  Pendidikan Berwawasan Kemanusiaan   



KULIAH KE 8 : GURU DALAM PENDIDIKAN ISLAM   (VI)

    Guru dalam Pendidikan Islam   
    Profesionalisme Guru 
    Guru Yang Efektif  
    Pemberdayaan Guru  



KULIAH KE 10: PARADIGMA HUMANISME DALAM INTERAKSI EDUKATIF   (VII)

1. Metode Pembelajaran Humanistik
2. Metode Pembelajaran yang Integralistik
3.    Metode Pembelajaran: Tilawah, Ta’lim, Tadlrib, Tazkiyah, dan Ta’dib  
4.    Interaksi Edukatif dalam Pendidikan Islam

KULIAH KE 11: SPRITUALITAS DALAM PENDIDIKAN ISLAM   (VIII)
1.  Gagasan Tentag Spritualisasi Pendidikan   
2.  Spritualisasi Tujuan Pendidikan     

3.                            Integrated Knowledge: Spritualisasi Kurikulum  

4.    Spritualisasi Subyek Guru (Guru dan Siswa)    

5.    Spritual Leadership: The Problem Solver Krisis Kepemimpinan Pendidikan Islam

Kuliah ke 12 Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam (IX)

1.   Imam al-Ghazali

2.   Ibnu Miskawaih

3.   Athiyah al-Abrasyi

4.   Omar Mohammad al-Syaibati



Kuliah ke 13 Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam Nusantara (X)

1.   Ki Hajar Dewantoro

2.   KH. Ahmad Dahlan

3.   KH. Hasyim asy’ari

4.   Syed Mohammad al-Naquib al-Attas



KULIAH KE 14: IDE-IDE BARU DALAM PENDIDIKAN ISLAM

5.    Aspek tujuan pendidikan

6.    Aspek kurikulum

7.    Aspek pendekatan pembelajaran

8.    Aspek murid

9.    Aspek guru

10.                        Aspek nilai dan budaya

11.                        aspek budaya



KULIAH KE 15: CLOSING REMARK/BRAINSTORMING





BUKU WAJIB

Tobroni, 2008. Pendidikan Islam: Paradigma Teologis, Filosofis dan Spiritualitas. UMM Press.   

Azra, Azyumardy, 2000. Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos.

Mas’ud, Abdurrahman. 2002. Menggagas Pendidikan Non Dikhotomik. Yogyakarta: Gama Media.

Dewey, John. 1964. Democracy and Education. New York: the Macmillan Company.



BUKU ANJURAN

Buchori, Mochtar. 2001. Pendidikan Antisipatoris. Yogyakarta: Kanisius.

Davis, Garry A. & Margaret A. Thomas. 1989. Effective Schools and Effective Teacher, Boston: Allyn and Bacon.

Gordon, Thomas. 1990. Teachers Effectives Training (penyadur Mudjito). Jakarta: Rajawali Press.

Jalal, Fasli dan Dedi Supriadi, (ed). 2001. Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adi Cita.

Moedjiarto. 2002. Sekolah Unggul. Data Graha Pustaka.

Sidi, Indra djati. 2001. Menuju Masyarakat Belajar: Menggagas Paradigma Baru Pendidikan. Jakarta: Paramadina.

Suprayogo, Imam. 1998. Reformasi Visi Pendidikan Islam. Malang: STAIN Press.

------------- . 2004. Pendidikan Berparadigma Al-Qur’an. Malang: UIN Press.

Tony Townsend, Effective Schooling: Research, Theory and Practice, London and New York: Roudledge, 1994.

Ulwan, Abdullah Nasih. 1992. Tarbiyatu Al-Aulad Fi Al-Islam. Terj. Khalilullah Ahmas Maskur Hakim Bandung: Remaja Rosdakarya.



KEGIATAN PERKULIAHAN



1.    Ceramah

2.    Tanya jawab

3.    Diskusi

4.    Penulisan paper

5.    lesson learn



PENILAIAN

1.      Penguasaan substansi akademik

2.      Kehadiran tidak kurang dari 75 %

3.      Partisipasi dan Keaktifan di kelas

4.      Kualitas paper dan presentasi

5.      Tugas akhir














































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata