15 Apr 2012

Tujuh Rahasia Menjadi Orang sukses; Cara baru meraih sukses dalam situasi yang tidak menentu


Oleh Petrus G. Hartono
Syarat yang harus anda penuhi untuk menjadi sukses adalah tujuh rahasia besar yaitu speed, unbeatable, concentrate, creative, energetic, self-confidence dan simpliticity harus dijalankan secara bersama-sama. Artinya anda tidak bisa hanya menjalankan beberapa rahasia, sementara rahasia lainnya anda tinggalkan.
Ketujuh rahasia ini saling terkait antara satu dengan lainnya. Mereka tidak berdiri sendiri. Dengan menggabungkan ketujuh rahasia ini maka akan melahirkan sinergi yang kuat sekali sehingga akan tercipta ledakan sukses yang maha dahsyat seperti yang anda impikan.

Sebelum saya terangkan ketujuh rahasia itu terlebih dahulu kita mengetahui apa itu sukses. Sukses adalah gabungan dari banyak factor yaitu karier yang baik, memiliki kemerdekaan financial, kesehatan yang baik, keluarga yang harmonis, maka ini baru dikatakan sukses yang sejati bahkan dua jati sekalipun. Atau lebih simple-nya Speed (kecepatan), Unbeatable (tidak dapat dikalahkan), Concentrate (memusatkan kekuatan), Creative (memiliki daya cipta), Energetic (mempunyai semangat kerja), Self-Confience (percaya diri) dan Simplicity (kesederhanaan). Jika disingkat menjadi SUCCESS.

Guru yang biasa-biasa menceritakan
Guru yang baik menjelaskan
Guru yang lebih baik memberikan demonstrasi
Guru besar memberikan inspirasi
-William Arthur Ward-
Ingin sukses resepnya bangunlah sebuah kebiasaan. Karena kebiasaan adalah satu-satunya pelayan yang akan bekerja bagi anda tanpa bayaran apa-apa. Cukup bangunlah kebiasaan tersebut dan kebiasaan tersebut akan berjalan walaupun anda tidak menyadarinya.
Sukses tidak sukses dimulai dari kekuatan persepsi, kalau anda mau membuat perbaikan-perbaikan kecil, perbaiklah perilaku anda. Kalau anda ingin membuat lompatan-lompatan kuantum dalam perbaikan, perbaikilah paradigm anda (Stephen R. Covey). Inilah rahasia-rahasianya, dijelaskan sebagai berikut;
Speed (kecepatan)
Kelompok bukan orang sukses berkata “biar lambat asal selamat”. Sehingga persepsi terbentuk “resiko adalah suatu yang berbahaya, sehingga harus dihindari. Apapun kesempatan yang ada harus ditanggapi dengan sangat hati-hati.
Kelompok orang sukses berkata “siapa cepat dia dapat”. Sehingga terbentuk persepsi; jika kesempatan itu tidak diambil maka orang lain mengambilnya dengan segera. Resiko merupakan suatu konsekuensi dari pilihan-pilihan yang diambil dari dalam kehidupan ini.
   
Rumus Bisnis yang benar 
Pengorbanan = hasil

Jika bahaya kecil maka peluang kecil
Jika pengorbanan kecil maka hasil kecil

Jika bahaya besar maka peluang besar
Jika pengorbanan besar maka hasil besar   


 Rumus yang salah
 Bahaya < Peluang
Pengorbanan < Hasil

Bahaya kecil tapi ingin peluang besar
Pengorbanan kecil tetapi ingin hasil besar     

Kelompok yang tidak mempunyai jiwa wirausaha selalu berkata, “harus mempunyai uang untuk menghasilkan uang,” tetapi kelompok yang berjiwa wirausaha selalu berkata “tanpa uang bisa menghasilkan uang”
Maka bagi orang sukses silahkan memulai dengan langkah pertama ini, yaitu SPEED, keberuntungan mungkin akhirnya datang bagi mereka yang menunggu. Tapi hal itu adalah sisa yang ditinggalkan oleh mereka yang telah mengejarnya terlebih dahulu. Jadi dalam melangkah itu hilangkan rasa takut dan khawatir. Karena rasa takut itu menghalagi untuk sukses.
Rumus kecepatan, Manajemen Waktu- Momentum-Penyelesaian Sesegera Mungkin (jangan ada penundaan).

Unbeatable, tidak dapat dikalahkan
Jangann pernah merasa gagal atau menyerah. Karena jika anda tidak pernah menyerah, anda tidak akan dapat dikalahkan. Kelompok orang sukses akan berpendapat “kesulitan adalah suatu bencana”. Maka persepsi yang terbentuk adalah kesulitan itu sesungguhnya tidaklah menyenangkan dan harus dihindari. Tetapi orang sukses berkata “kesulitan itu adalah suatu berkat” sehingga terbentuk persepsi kesulitan adalah suatu cara untuk membuat seseorang menjadi lebih tangguh.
Prinsipnya dalam hidup ini jadilah seperti Baja semakin dibakar dalam api maka Baja tersebut akan menjadi baja yang lebih kuat dan baik kualitasnya. Jangan menjadi lilin yang ketika dibakar ia akan meleleh dan habis. Ingat orang sukses adalah bukan orang yang tidak pernah gagal tetapi orang yang tidak pernah dikalahkan oleh kegagalannya. Kita ini terlahir sebagai pemenang, maka raihlah kemenangan itu, walaupun kalah duluan. Banyak orang gagal karena mereka mengartikan kegagalan sebagai keinginan yang tidak tercapai, tetapi sedikit orang yang sukses mengartikan kegagalan sebagai cara menemukan yang salah.

Rumus sukses, sukses = berhasil + gagal
Karena ayah kesuksesan adalah keberhasilan, ibu kesuksesan dari kesuksesan adalah kegagalan, anak dari kesuksesan itu adalah kesuksesan itu sendiri.

1 komentar:

Mari kita membaca dengan hati plus mata