29 Okt 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SMK MUHAMMADIYAH 2 MALANG


Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Satuan Pendidikan
:
SMK
Kelas/Semester
:
XI/Ganjil (MM/APK)
Pertemuan ke
:
11-12
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran x 40 menit (2 kali pertemuan)

  1. Standar Kompetensi
6.
Membiasakan perilaku terpuji

  1. Kompetensi Dasar
6.1
Menjelaskan pengertian taubat, optimis, sabar, pemaaf, pemurah, sederhana,pengendalian diri dan saja’ah
6.2
Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat, optimis, sabar, pemaaf, pemurah, sederhana,pengendalian diri dan saja’ah
6.3
Membiasakan perilaku taubat, optimis, sabar, pemaaf, pemurah, sederhana,pengendalian diri dan saja’ah dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Indikator Pencapaian Kompetensi :
Siswa mampu:
6.1.1
Menjelaskan pengertian taubat, optimis, sabar, pemaaf, pemurah, sederhana,pengendalian diri dan saja’ah
6.2.1
Memnampilkan contoh-contoh perilaku taubat, optimis, sabar, pemaaf, pemurah, sederhana,pengendalian diri dan saja’ah
6.3.1
Membiasakan perilaku taubat, optimis, sabar, pemaaf, pemurah, sederhana,pengendalian diri dan saja’ah dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Materi Standar
Materi pokok : Berperilaku Terpuji.
Uraian materi pokok
        1. Taubat. Taubat adalah sikap membersihkan diri dari segenap dosa dan maksiat, menyesali atas setiap dosa yang telah dilakukan dan bertekad untuk tidak mengulangi perbuatan dosa itu di masa yang akan datang. Allah swt. berfirman:
يا أيها الذين آمنوا توبوا إلى الله توبة نصوحا عسى ربكم أن يكفر عنكم سيئاتكم ويدخلكم جنات تجري من تحتها الأنهار
Hai orang-orang yang beriman, bertobatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai,” (QS. At-Tahrim: 8)
        1. Optimis memiliki dua unsur yakni raja’ dan istirja’. Raja’ adalah melakukan sesuatu dengan semangat karena yakin sesuatu yang dilakukan sangat bermanfaat baginya. Istirja’ adalah mengembalikan urusan yang dianggap tidak sesuai dengan keinginan kepada Allah.
        2. Sabar adalah menahan jiwa atas hal-hal yang tidak disukai dengan rela. Allah swt. berfirman:
إن الإنسان خلق هلوعا(19) إذا مسه الشر جزوعا(20) وإذا مسه الخير منوعا(21)
Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah, dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir,” (QS. Al-Ma’arij: 19-21)
        1. Pemaaf adalah sikap tidak membalas hal yang dibenci dengan kebencian tetapi membalas keburukan tersebut dengan kebaikan, bersabar dan mengampuni. Allah berfirman:
ولمن صبر وغفر إن ذلك لمن عزم الأمو
Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.” (QS. Asy-Syura: 43)
        1. Pemurah adalah sikap murah hati, mementingkan orang lain, rela dan berbakti.
        2. Sederhana adalah sikap yang terdiri dari rasa malu, tenang, puas, anggun berwibawa.
        3. Pengendalian diri.
        4. Saja’ah (berani) merupakan titik tengah antara dua kehinaan, yakni pengecut dan sembrono. Kebaikan yang menjadi bagian dari berani adalah berjiwa besar, tegar, perkasa dalam bekerja dan menguasai diri.

  1. Metode Pembelajaran:
Metode: ceramah, diskusi (strategi flash card), tanya-jawab, dan resitasi (pemberian tugas)
Teknik: kelompok, individu dan pengamatan

  1. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 11
Kognitif :
  1. Siswa dapat menjelaskan pengertian taubat, optimis, sabar, pemaaf, pemurah, sederhana, pengendalian diri dan saja’ah.
  2. Siswa dapat menunjukkan contoh-contoh perilaku taubat, optimis, sabar, pemaaf, pemurah, sederhana,pengendalian diri dan saja’ah.
Afektif :
  1. Siswa dapat mengembangkan karakter yang terkait dengan kemampuan tanggung jawab menyelesaikan tugas.
  2. Siawa dapat mengembangkan kejujuran, kedisipilinan dan menumbuhkan dalam diri sifat taubat, optimis, sabar, pemaaf, pemurah, sederhana,pengendalian diri dan saja’ah.
Psikomotorik :
  1. Siswa dapat terbiasa berperilaku taubat, optimis, sabar, pemaaf, pemurah, sederhana, pengendalian diri dan saja’ah.

Pertemuan 12
Kognitif :
    1. Siswa dapat terbiasa berperilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari.
Afektif :
  1. Siswa dapat mengembangkan karakter yang terkait dengan kemampuan tanggung jawab menyelesaikan tugas.
  2. Siawa dapat mengembangkan kejujuran, kedisipilinan dan menunjukkan contoh perilaku taubat, optimis, sabar, pemaaf, pemurah, sederhana, pengendalian diri dan saja’ah.
Psikomotorik :
  1. Siswa dapat terbiasa berperilaku taubat, optimis, sabar, pemaaf, pemurah, sederhana, pengendalian diri dan saja’ah.

  1. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  • Mendiskusikan pengertian dan contoh perilaku taubat, optimis, sabar, pemaaf, pemurah, sederhana, pengendalian diri dan saja’ah.
  • Bertukar informasi tentang perilaku taubat, optimis, sabar, pemaaf, pemurah, sederhana, pengendalian diri dan saja’ah.
  • Mempresentasikan hasil tukar tentang contoh perilaku taubat, optimis, sabar, pemaaf, pemurah, sederhana, pengendalian diri dan saja’ah.
  • Membiasakan perilaku taubat, optimis, sabar, pemaaf, pemurah, sederhana, pengendalian diri dan saja’ah dalam pembelajaran.
  • Mempraktikkan contoh-contoh perilaku taubat, optimis, sabar, pemaaf, pemurah, sederhana, pengendalian diri dan saja’ah.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 11
Kegiatan Awal (10 menit)
  1. Guru membuka pelajaran dengan salam.
  2. Guru mengajak siswa untuk berdoa bersama.
  3. Guru menginstruksikan kepada siswa untuk mengaji bersama.
  4. Guru mengabsen siswa.
  5. Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
  6. Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu
  7. Menegur siswa yang terlambat dengan sopan
  8. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
  9. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
  10. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
  11. Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
  12. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
  13. Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai karakter

Nilai Budaya Dan Karakter
Religius,
Santun,
Disiplin,
Bertanggung jawab,
Sadar hak & kewajiban,
Berani
Patuh Aturan

Kegiatan Inti (55 menit)
Eksplorasi
  1. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok dengan menggunakan kartu dan memutarkan lagu. Siswa diminta mengambil kartu secara bergiliran.
Elaborasi
  1. Lagu dihentikan di beberapa titik. Ketika lagu berhenti siswa yang paling akhir mengambil kartu diberi pertanyaan, contohnya:
  • Berapa jumlah rasul yang wajib kita ketahui? Sebutkan 5 rasul!
  • Surat apa yang pertama kali turun?
Konfirmasi
  1. Siswa yang terpilih wajib menjawab pertanyaan, jika jawaban yang diberikan oleh siswa salah atau siswa tidak bisa menjawab maka teman yang lain harus membantu
Elaborasi
  1. Setelah seluruh siswa memperoleh kartu, guru menginstruksikan kepada siswa untuk mencari teman yang memiliki kartu yang sama warnanya
  2. Guru menginstruksikan ketua masing-masing kelompok untuk maju ke depan untuk mendengar penjelaskan tentang aturan main diskusi dan membuat kesepakatan tentang durasi waktu mengerjakan, yakni:
  • Setiap kelompok menerima bahan yang sama untuk mengerjakan, antara lain: kertas folio berwarna, gunting dan selotip
  • Setiap kelompok wajib menjawab pertanyaan yang tertera pada kartu
  • Jawaban dikumpulkan dalam bentuk mading sederhana dengan menggabungkan beberapa lembar jawaban teman satu kelompok
  • Tugas dikerjakan dalam waktu yang disepakati bersama
  1. Guru menginstruksikan kepada ketua kelompok untuk kembali kepada kelompok masing-masing dan menyampaikan aturan main diskusi.
  2. Guru menginstruksikan untuk memulai mengerjakan tugas.
Konfirmasi
  1. Guru menginstruksikan untuk menghentikan mengerjakan tugas ketika waktu diskusi sudah selesai.
  2. Guru memberikan beberapa penjelasan tentang materi hari ini.
  3. Guru mel`kukan penilaian selama kegiatan belajar mengajar berlangsung.

Kegiatan Akhir (10 menit)
  1. Guru memberikan waktu kepada siswa untuk bertanya mengenai pelajaran yang belum dipahami.
  2. Guru memberi kesimpulan tentang materi yang telah diajarkan.

Penutup (5 menit)
  1. Guru membimbing siswa untuk berdoa bersama.
  2. Guru menutup pelajaran dengan salam.


Pertemuan 12
Kegiatan Awal (10 menit)
  1. Guru membuka pelajaran dengan salam.
  2. Guru mengajak siswa untuk berdoa bersama.
  3. Guru menginstruksikan kepada siswa untuk mengaji bersama.
  4. Guru mengabsen siswa.
  5. Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
  6. Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu
  7. Menegur siswa yang terlambat dengan sopan
  8. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
  9. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
  10. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
  11. Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
  12. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
  13. Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai karakter

Nilai Budaya Dan Karakter
Religius,
Santun,
Disiplin,
Bertanggung jawab,
Percaya diri,
Sadar hak & kewajiban,
Berani
Patuh Aturan

Kegiatan Inti (55 menit)
Eksplorasi
  1. Guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi taubat, optimis, sabar, pemaaf, pemurah, sederhana, pengendalian diri dan saja’ah, contoh:
  • Apa pengertian dari taubat?
  • Sebutkan contoh dari perilaku sederhana!
Elaborasi
  1. Guru menunjuk seorang siswa untuk memberi opininya
Konfirmasi
  1. Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkannya kembali
Elaborasi
  1. Guru menginstruksikan kepada kelompok untuk menempelkan mading sederhana yang telah dikerjakan minggu lalu di samping kelas
  2. Guru menginstruksikan kepada setiap kelompok untuk membagi anggotanya menjadi dua kelompok kecil
  3. Guru menginstruksikan kepada kelompok kecil untuk mencari teman dari kelompok kecil lawan
  4. Guru menginstruksikan kepada kelompok-kelompok kecil untuk saling bertukar informasi, kemudian informasi yang diperoleh ditulis dalam buku catatan
  5. Guru menginstruksikan kepada siswa untuk menghentikan mengerjakan tugas ketika waktu menulis habis
Konfirmasi
  1. Beberapa siswa diminta menyampaikan hasil tukar informasinya di depan kelas.
  2. Guru memberikan beberapa penjelasan tentang materi hari ini

Kegiatan Akhir (10 menit)
  1. Guru memberikan waktu kepada siswa untuk bertanya mengenai pelajaran yang belum dipahami
  2. Guru memberi kesimpulan tentang materi yang telah diajarkan

Penutup (5 menit)
  1. Guru memberikan program tindak lanjut kepada siswa berupa tugas rumah
  2. Guru membimbing siswa untuk berdoa bersama
  3. Guru menutup pelajaran dengan salam.


  1. Penilaian
                1. Jenis Tagihan
  1. Ulangan harian
  2. Tugas
                1. Teknik
  1. Tes tulis
  2. Tugas Individu
                1. Bentuk Instrumen
  1. Uraian
  2. Performance
  3. Portofolio
                1. Soal Ulangan Harian
  1. Sebutkan pengertian tentang taubat!
  2. Tuliskan ayat Al-Quran yang menjelaskan tentang perilaku terpuji yang diutamakan!
  3. Sebutkan sikap orang yang berperilaku sederhana!
  4. Sebutkan contoh perilaku berani!
Jawaban Ulangan Harian
  1. Taubat adalah sikap membersihkan diri dari segenap dosa dan maksiat, menyesali atas setiap dosa yang telah dilakukan dan bertekad untuk tidak mengulangi perbuatan dosa itu di masa yang akan datang.
  2. ولمن صبر وغفر إن ذلك لمن عزم الأمو
Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.” (QS. Asy-Syura: 43)
  1. Orang berperilaku sederhana adalah orang yang malu, tenang, puas, dan anggun berwibawa.
  2. Mampu menanggung segala resiko dari perbuatannya.
                1. Tugas atau Proyek
Tugas berupa portofolio
Buatlah daftar kegiatan sehari-hari yang bermanfaat bagi sekitar dalam bentuk cerita dalam kurun waktu satu minggu!



Contoh:
Tanggal
Ceritaku hari ini
17 September 2012
Saya mengantar ibu ke pasar untuk membeli kertas bungkus.
                1. Petunjuk Penilaian
Penilaian kognitif ulanagn harian tulis
No.
Keterangan
Skor
1.
Jawaban sempurna
25
2.
Jawaban tepat tapi kurang sempurna
10
3.
Jawaban kurang tepat
5
4.
Jawaban tidak tepat
1
5.
Tidak menjawab
0
Rubrik penilaian diskusi
No.
Aspek Penilaian
Skor
5
4
3
2
1
Jumlah
1.
Partisipasi






2.
Kerja sama






3.
Keterampilan dalam kelas






4.
Tanggung jawab terhadap tugas






Jumlah/Nilai






Keterangan:
5 : sangat baik
4 : baik
3 : cukup baik
2 : kurang baik
1 : sangat kurang baik<.span>
Rumus = skor perolehan x 100
Skor max

  1. Sumber Belajar, Media dan Alat
Sumber belajar:
  1. Buku ajar “Pendidikan Al-Islam kelas XI SMA/SMK/MA Muhammadiyah”
  2. Modul Pendidikan Agama Islam
  3. Lingkungan sekitar
Media:
  1. Kartu pertanyaan
  2. Mading sederhana
  3. Lagu instrumen
Alat:
  1. Spidol dan papan tulis
  2. Laptop dan speaker
  3. Kertas, alat tulis dan lem


Guru Agama



Drs. H. Moh. Nasir
NBM. 707.883
Malang, 16 September 2012
Praktikan



Atika Asri N.
Mengetahui
Kepala Sekolah



Drs. Suhandoko
NBM. 667.075


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata