Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama
Islam
|
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK
|
Kelas/Semester
|
:
|
XI/Ganjil
(MM/APK)
|
Pertemuan ke
|
:
|
11-12
|
Alokasi Waktu
|
:
|
- Standar Kompetensi
6.
|
Membiasakan
perilaku terpuji
|
- Kompetensi Dasar
6.1
|
Menjelaskan
pengertian taubat, optimis, sabar, pemaaf, pemurah,
sederhana,pengendalian diri dan saja’ah
|
6.2
|
Menampilkan
contoh-contoh perilaku taubat, optimis, sabar, pemaaf, pemurah,
sederhana,pengendalian diri dan saja’ah
|
6.3
|
Membiasakan
perilaku taubat,
optimis, sabar, pemaaf, pemurah, sederhana,pengendalian diri dan
saja’ah
dalam kehidupan sehari-hari.
|
- Indikator Pencapaian Kompetensi :
Siswa
mampu:
|
|
6.1.1
|
Menjelaskan
pengertian taubat, optimis, sabar, pemaaf, pemurah,
sederhana,pengendalian diri dan saja’ah
|
6.2.1
|
Memnampilkan
contoh-contoh perilaku taubat,
optimis, sabar, pemaaf, pemurah, sederhana,pengendalian diri dan
saja’ah
|
6.3.1
|
Membiasakan
perilaku taubat,
optimis, sabar, pemaaf, pemurah, sederhana,pengendalian diri dan
saja’ah
dalam kehidupan sehari-hari.
|
- Materi Standar
Materi
pokok : Berperilaku Terpuji.
Uraian
materi pokok
- Taubat. Taubat adalah sikap membersihkan diri dari segenap dosa dan maksiat, menyesali atas setiap dosa yang telah dilakukan dan bertekad untuk tidak mengulangi perbuatan dosa itu di masa yang akan datang. Allah swt. berfirman:
يا أيها الذين
آمنوا توبوا إلى الله توبة نصوحا عسى ربكم
أن يكفر عنكم سيئاتكم ويدخلكم جنات تجري
من تحتها الأنهار
”Hai
orang-orang yang beriman, bertobatlah kepada Allah dengan taubat yang
semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus
kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang
mengalir di bawahnya sungai-sungai,” (QS. At-Tahrim: 8)
- Optimis memiliki dua unsur yakni raja’ dan istirja’. Raja’ adalah melakukan sesuatu dengan semangat karena yakin sesuatu yang dilakukan sangat bermanfaat baginya. Istirja’ adalah mengembalikan urusan yang dianggap tidak sesuai dengan keinginan kepada Allah.
- Sabar adalah menahan jiwa atas hal-hal yang tidak disukai dengan rela. Allah swt. berfirman:
إن الإنسان
خلق هلوعا(19)
إذا
مسه الشر جزوعا(20)
وإذا
مسه الخير منوعا(21)
”Sesungguhnya
manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir.
Apabila
ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah,
dan
apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir,” (QS. Al-Ma’arij:
19-21)
- Pemaaf adalah sikap tidak membalas hal yang dibenci dengan kebencian tetapi membalas keburukan tersebut dengan kebaikan, bersabar dan mengampuni. Allah berfirman:
ولمن صبر
وغفر إن ذلك لمن عزم الأمو
”Tetapi orang
yang bersabar dan memaafkan sesungguhnya (perbuatan) yang demikian
itu termasuk hal-hal yang diutamakan.” (QS. Asy-Syura: 43)
- Pemurah adalah sikap murah hati, mementingkan orang lain, rela dan berbakti.
- Sederhana adalah sikap yang terdiri dari rasa malu, tenang, puas, anggun berwibawa.
- Pengendalian diri.
- Saja’ah (berani) merupakan titik tengah antara dua kehinaan, yakni pengecut dan sembrono. Kebaikan yang menjadi bagian dari berani adalah berjiwa besar, tegar, perkasa dalam bekerja dan menguasai diri.
- Metode Pembelajaran:
Metode: ceramah,
diskusi (strategi
flash card),
tanya-jawab,
dan resitasi
(pemberian
tugas)
Teknik: kelompok,
individu dan pengamatan
- Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 11
Kognitif :
- Siswa dapat menjelaskan pengertian taubat, optimis, sabar, pemaaf, pemurah, sederhana, pengendalian diri dan saja’ah.
- Siswa dapat menunjukkan contoh-contoh perilaku taubat, optimis, sabar, pemaaf, pemurah, sederhana,pengendalian diri dan saja’ah.
Afektif :
- Siswa dapat mengembangkan karakter yang terkait dengan kemampuan tanggung jawab menyelesaikan tugas.
- Siawa dapat mengembangkan kejujuran, kedisipilinan dan menumbuhkan dalam diri sifat taubat, optimis, sabar, pemaaf, pemurah, sederhana,pengendalian diri dan saja’ah.
Psikomotorik :
- Siswa dapat terbiasa berperilaku taubat, optimis, sabar, pemaaf, pemurah, sederhana, pengendalian diri dan saja’ah.
Pertemuan 12
Kognitif :
- Siswa dapat terbiasa berperilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari.
Afektif :
- Siswa dapat mengembangkan karakter yang terkait dengan kemampuan tanggung jawab menyelesaikan tugas.
- Siawa dapat mengembangkan kejujuran, kedisipilinan dan menunjukkan contoh perilaku taubat, optimis, sabar, pemaaf, pemurah, sederhana, pengendalian diri dan saja’ah.
Psikomotorik :
- Siswa dapat terbiasa berperilaku taubat, optimis, sabar, pemaaf, pemurah, sederhana, pengendalian diri dan saja’ah.
- Strategi Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
|
|
|
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 11
Kegiatan
Awal (10 menit)
|
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Religius,
Santun,
Disiplin,
|
Bertanggung
jawab,
Sadar
hak & kewajiban,
|
Berani
Patuh Aturan |
Kegiatan
Inti (55 menit)
|
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
Elaborasi
Konfirmasi
|
Kegiatan
Akhir (10 menit)
|
|
Penutup
(5 menit)
|
|
Pertemuan 12
Kegiatan Awal (10 menit) |
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Religius,
Santun,
Disiplin,
|
Bertanggung
jawab,
Percaya
diri,
Sadar
hak & kewajiban,
|
Berani
Patuh Aturan |
Kegiatan Inti
(55 menit)
|
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
Elaborasi
Konfirmasi
|
Kegiatan Akhir
(10 menit)
|
|
Penutup (5
menit)
|
|
- Penilaian
- Jenis Tagihan
- Ulangan harian
- Tugas
- Teknik
- Tes tulis
- Tugas Individu
- Bentuk Instrumen
- Uraian
- Performance
- Portofolio
- Soal Ulangan Harian
- Sebutkan pengertian tentang taubat!
- Tuliskan ayat Al-Quran yang menjelaskan tentang perilaku terpuji yang diutamakan!
- Sebutkan sikap orang yang berperilaku sederhana!
- Sebutkan contoh perilaku berani!
Jawaban Ulangan Harian
- Taubat adalah sikap membersihkan diri dari segenap dosa dan maksiat, menyesali atas setiap dosa yang telah dilakukan dan bertekad untuk tidak mengulangi perbuatan dosa itu di masa yang akan datang.
- ولمن صبر وغفر إن ذلك لمن عزم الأمو
”Tetapi orang
yang bersabar dan memaafkan sesungguhnya (perbuatan) yang demikian
itu termasuk hal-hal yang diutamakan.” (QS. Asy-Syura: 43)
- Orang berperilaku sederhana adalah orang yang malu, tenang, puas, dan anggun berwibawa.
- Mampu menanggung segala resiko dari perbuatannya.
- Tugas atau Proyek
Tugas
berupa portofolio
Buatlah
daftar kegiatan sehari-hari yang bermanfaat bagi sekitar dalam bentuk
cerita dalam kurun waktu satu minggu!
Contoh:
- TanggalCeritaku hari ini17 September 2012Saya mengantar ibu ke pasar untuk membeli kertas bungkus.
- Petunjuk Penilaian
Penilaian
kognitif ulanagn harian tulis
- No.KeteranganSkor1.Jawaban sempurna252.Jawaban tepat tapi kurang sempurna103.Jawaban kurang tepat54.Jawaban tidak tepat15.Tidak menjawab0
Rubrik
penilaian diskusi
- No.Aspek PenilaianSkor54321Jumlah1.Partisipasi2.Kerja sama3.Keterampilan dalam kelas4.Tanggung jawab terhadap tugasJumlah/Nilai
Keterangan:
5 : sangat
baik
4 : baik
3 : cukup
baik
2 : kurang
baik
1 : sangat
kurang baik<.span>
- Rumus = skor perolehan x 100Skor max
- Sumber Belajar, Media dan Alat
Sumber belajar:
- Buku ajar “Pendidikan Al-Islam kelas XI SMA/SMK/MA Muhammadiyah”
- Modul Pendidikan Agama Islam
- Lingkungan sekitar
Media:
- Kartu pertanyaan
- Mading sederhana
- Lagu instrumen
Alat:
- Spidol dan papan tulis
- Laptop dan speaker
- Kertas, alat tulis dan lem
Guru
Agama
Drs.
H. Moh. Nasir
NBM.
707.883
|
Malang,
16 September 2012
Praktikan
Atika
Asri N.
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Drs.
Suhandoko
NBM.
667.075
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Mari kita membaca dengan hati plus mata