3 Okt 2012

Selekta Pendidikan Islam; Diagnosis Sistem Pendidikan Islam

  1. Tradisi Kependidikan; Pesantren, Madrasah, Perguruan Tinggi Islam
  2. Aspek Permasalahan; Aspek Pendekatan
  • Agama dipelajari secara rasional teoritik (lebih sebagai ilmu dari tuntunan)
  • Ilmu agama mengalami stagnasi, baik kualitatif maupun kuantitatif
  • Islam masih dipandang sebagai dikotomik / sekularistik.
  • Strategi pengembangan Pendidikan Islam kurang berorientasi pemecahan problem masa depan.
Hakikat Pendidikan Islam; upaya menjadikan manusia bermasa depan ideal. Makna Pendidikan Islam; Proses pengkondisian agar anak menjadi lebih mengetahui dan mengamalkan

ASPEK PERANGKAT LUNAK
  • Tujuan Pendidikan: Rumusannya lebih bersifat umum, kurang terperinci sehingga sulit dievaluasi
  • Lembaga Pendidikan Islam banyak mengalami krisis kepemimpinan
  • Program Pendidikan; sering tidak utuh atau bersifat sporadis

PERLUKAH TAKSONOMI PENDIDIKAN ISLAM?
  1.  Secara Umum, taksonomi digunakan dalam proses pend. yang meliputi perencanaan pengembangan kurikulum, implementasi dan evaluasi.
  2. Strukrisasi perilaku manusia dalam tiga domain (ranah); Kognitif, Afektif dan Psikomtorik
  3. Masuk ranah mana tentang iman, ibadah, akhlak? Perlu pengembangan Taksonomi PI yang lengkap
  4. Tugas; mampukah pakar PTI jurusan Tarbiyah menemukan taksonomi baru?
MASALAH DIKOTOMI (Pemisahan)
  • Terminologi masalah hubungan antara ilmu dan agama
  • Kesenjangan hasil interperetasi ayat-ayat Kauniyah dan Qauliyah
  • Hasil Interpretasi
  1. Ayat Kauniyah: Fisika, Kima, Astronomi, Biologi, Kedokteran, dsb
  2. Ayat Qauliyah: Pemahaman agama secara aktual.
  • Kesadaran Akan keterbatasan interpretasi manusia
  • Ilmu bukan satu-satunya sumber kebenaran maupun jalan pemecahana bagi probelm kehidupan manusia
MASALAH PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM

A. Kerangka Dasar Masalah
Karakteristik dasar pemikiran Islam mengenai PI cenderung bersifat organisk, sistematik dan fungsional dan paradigma mengacu pada Al-Quran, hadis dan sejarah Islam
  • Secara organik PI tidak bisa dikembangkan dengan dasar acuan diluar tiga hal tsb
  • Secara sistematik pemahaman masalah PI tidak bisa parsial
  • Secara fungsional masalah PI dalam kerangka sistematis kehidupan umat dan dakwah Islam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata