29 Okt 2012

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( R P P )

Nama Sekolah : SMK Muhammadiyah 2 Malang
Mata Pelajaran : Al-Islam
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit
Aspek : Al-Qur’an

  1. Standar Kompetensi
1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi.

  1. Kompetensi Dasar
    1. Membaca Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan Al-Haj: 5
    2. Menyebutkan arti Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan Al-Haj: 5
    3. Menampilkan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan Al-Haj: 5

  1. Indikator Pencapaian Kompetensi :
  • Mampu membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan Al Haj : 5 dengan fasih.
  • Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan Al Haj : 5
  • Mampu menterjemahkan masing-masing kata yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56, dan Al-Haj: 5
  • Mampu menterjemahkan ayat Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56, dan Al-Haj: 5
  • Mampu menjelaskan isi kandungan QS Al Baqarah: 30, Al Mukminun : 12-14, Az-Zariyat: 56, dan Al-Haj: 5
  • Mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al-Mukminun;12-14, Az-Zariyat;56, dan Al-Haj: 5
  • Mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Al-Mukminun;12-14, Az-Zariyat;56, dan Al-Haj : 5
  • Mampu menyebutkan perilaku sebagai khalifah dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Materi Ajar (Materi Pokok)
  • Q.S. Al-Baqarah; 30
  • Q.S. Al-Mukminun; 12-14
  • Q.S. Az-Zariyat; 56
  • Q.S. Al-Haj; 5

  1. Metode Pembelajaran:
  • ceramah, diskusi kelompok, hafalan, tanya jawab dan pemberian tugas.

  1. Tujuan Pembelajaran
Setelah KBM diharapkan siswa:
  • Mampu membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan Al Haj : 5 dengan fasih.
  • Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan Al-Haj: 5 dengan benar.
  • Mampu menterjemahkan masing-masing kata yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56, dan Al-Haj: 5 dengan benar.
  • Mampu menterjemahkan ayat Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56, dan Al-Haj: 5 dengan benar.
  • Mampu menjelaskan isi kandungan QS Al Baqarah: 30, Al Mukminun : 12-14, Az-Zariyat: 56, dan Al-Haj: 5 secara singkat.
  • Mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al-Mukminun;12-14, Az-Zariyat;56, dan Al-Haj: 5 dengan benar.
  • Mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Al-Mukminun;12-14, Az-Zariyat;56, dan Al-Haj: 5 dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mampu menyebutkan perilaku sebagai khalifah dalam kehidupan sehari-hari.

G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  • Siswa membaca dengan fasih Q.S. Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. Az-Zariyat: 56, dan Al-Haj : 5
  • Siswa menganalisa tajwid Q.S. Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. Az-Zariyat: 56, dan Al-Haj : 5
  • Mengartikan perkata Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56 dan Al-Haj : 5
  • Mengartikan per-ayat Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56 dan Al-Haj : 5
  • Menterjemahkan Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan Al-Haj: 5
  • Mendiskusikan arti dan kandungan Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56 dan Al-Haj: 5
  • Siswa membiasakan perilaku Khalifah yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al-Mukminun; 12-14, Az Zariyah;56, dan Al-Haj: 5
  • Mempraktikkan perilaku sebagai khalifah di bumi sesuai Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
  • Menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan sehari-hari.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10 menit)
  1. Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas.
  2. Berdoa sebelum membuka pelajaran.
  3. Memeriksa kehadiran siswa.
  4. Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit.
  5. Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu.
  6. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
  7. Mengajak siswa untuk membaca Al-Qur’an bersama 5-10 menit.
  8. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
  9. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
  10. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
  11. Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai karakter dan kewirausahaan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Religius,
Jujur,
Santun,
Disiplin,
Bertanggung jawab,
Cinta ilmu,
Ingin tahu,
Percaya diri,
Menghargai keberagaman,
Patuh pada aturan sosial,
Bergaya hidup sehat,
Sadar hak & kewajiban,
Kerja keras,
Peduli
Berhati lembut
Tekun
Kasih sayang
Rendah hati
Berani
Patuh Aturan

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
Mandiri
Kreatif
Berani mengambil risiko
Berorientasi pada tindakan
Kepemimpinan
Kerja keras
Jujur
Disiplin
Inovatif


Tanggung jawab Kerjasama
Pantang menyerah
Komitmen

Realistis
Rasa Ingin tahu
Komunikatif
Motivasi kuat untuk sukses



Motivasi
Dalam Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al-Haj: 5 banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, seperti penciptaan manusia dan penguasaannya di bumi, perkembangan kejadian manusia dan kehidupannya di akhirat, serta tugas jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada Alloh SWT. Jika direnungkan, betapa tingginya derajat orang-orang yang beriman karena memiliki suatu amanah sebagai khalifah dimuka bumi ini.

Kegiatan Inti (55 menit)
Elaborasi
  • Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al-Haj: 5, guru mengawali dengan memberikan beberapa simulasi atau ice breaking yang dapat menyegarkan suasana agar pesan bisa tersampaikan dengan baik, tahapannya :
  1. Silahkan siapkan kertas putih 1lembar atau Guru menyiapkannya sendiri.
  2. Tulislah 10 hal/benda hidup atau mati yang paling anda sukai.
  3. Coretlah semuanya hingga tersisa 1 hal yang menurut anda paling penting.
  4. Mulailah bertanya kepada siswa bagaimana perasaannya dan berilah feedback (umpan balik) dari simulasi tersebut.
  5. Mulai hubungkan antara simulasi tersebut dengan materi yang akan disampaikan.
  6. Siapakah diantara kalian yang sudah hafal surat Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan AL Haj 5 ?
Eksplorasi
  • Guru membaca surat Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al Haj : 5, dan siswa mengikuti secara bersama-sama sampai beberapa kali.
  • Guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca surat Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S Al-Mukminun: 12-14, Q.S Az-Zariyat :56 dan Al-haj : 5
  • Guru menyuruh siswa untuk menghafalkan ayat yang menjelaskan tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi.
Elaborasi
  • Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan hukum bacaan yang terdapat dalam Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al Haj : 5
  • Selanjutnya siswa membaca arti Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al Haj : 5 dengan berpedoman kepada Al Qur’an dan terjemahannya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan dari guru.
Konfirmasi
  • Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al Haj : 5 kepada siswa.
  • Setelah mengartikan ayat demi ayat, guru meminta siswa agar menyalin Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al Haj : 5 berikut artinya dengan benar.
Elaborasi
  • Setelah selesai menyalin Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al Haj : 5 berikut artinya, guru menjelas hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada ayat tersebut.

Konfirmasi
  • Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al Haj : 5.
Elaborasi
  • Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang proses awal kejadian manusia sebagaimana yang terkandung dalam isi Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al Haj : 5 secara berkelompok.
  • Guru menugaskan siswa untuk menulis hasil diskusi di kertas folio berwarna yang kemudian dijadikan bahan oleh guru untuk melombakannya diantara kelompok
Konfirmasi
  • Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok dengan menunjuk perwakilan dari anggota kelompok untuk menjelaskan hasil dari diskusi.

Kegiatan Akhir (15 menit)
  • Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al Haj : 5 sebagai penutup materi pembelajaran.
  • Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah isi kandungan Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al Haj : 5.
  • Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.
  • Guru mengajak siswa untuk mengaplikasikan perilaku yang mencerminkan manusia sebagai khalifah (wakil) Allah di bumi.
  • Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
  • Pemberian PR / tugas
  • Siswa dan guru mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah/doá
  • Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.

H. Penilaian
  • Tugas Individu
  • Tugas kelompok
  • Hafalan
  • Pengamatan
  • Tes Tulis

I. Bahan/Sumber Belajar
  • Al-Quran dan terjemah
  • Buku PAI untuk SMK kelas X.
  • Modul Al-Islam Kelas X Semester Ganjil SMK Muhammadiyah 2 Malang
  • Buku Tajwid K.H Imam Zarkasyi
J. Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
Terlampir
II. Penilaian unjuk kerja (diskusi)
Terlampir

Tsulislah arti per kata dari Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al Haj : 5
LEMBAR TUGAS


Malang, 18 September 2012

Guru Agama,




Novi Mas’ulah Sa’adah, S.Pd.I
Praktikan,




Ginanjar Arief









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata