2 Jul 2013

Perbedaan Metode, Strategi, Pendekatan dan Teknik dalam Perspektif Pendidikan

Oleh MuFe El-Bageloka
 
Metode itu secara umum suatu cara yang terdiri dari beberapa instrument dan pendekatan termasuk salah satu instrument suatu cara yang terdiri dari beberapa instrumen dan pendekatan termasuk salah satu instrumen dari metode. Contoh dalam penelitian hukum ada dua metode yaitu empiris dan normatif, dalam penelitian hukum normatif itu terdapat pendekatan undang-undang (case approach). Strategi itu menurutku hampir sama dengan metode. Tetapi strategi tidak memiliki instrumen terperinci seperti metode.


Metode; Cara yang akan dilakukan atau sedang dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran. Misalnya Metode Quantum Learning, Tanya Jawab.
Strategi; Kegiatan yang berlangsung atau kegiatan yang dipilih yang dilakukan sesuai prosedur yang telah direncanakan. Jadi istilahnya strategi pembelajaran adalah lesson planing (RENCANA PEMBELAJARAN).
 Pendekatan; Sudut Pandang, asumsi terhadap proses belajar mengajar dalam kelas, yang berpusat pada siswa (student centered approach) dan pada guru (teacher centered approach).
Teknik; Implementasi dari metode.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata