10 Jul 2013

Presentasi Proposal Tugas Akhir; Analisis Metode Pembelajaran K.H. Ahmad Dahlan dalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral


A. Latar Belakang
_Karena cinta dengan novel, sebagai bentuk keprihatinan munculnya novel-novel populer yang tidak menggunakan kalimat EYD
_Sosok kyai Dahlan sebagai muslim cerdas, religious, toleran dan seorang praktisi pendidikan
_Dalam novel ini banyak metode pembelajaran yang disajikan oleh sang kyai.



B. Rumusan Masalah
_Bagaimana metode pembelajaran yang diimplementasikan oleh K.H. Ahmad Dahlan dalam novel Sang Pencerah

C. Tujuan Penelitian
_Mendeskripsikan metode pembelajaran yang diimplementasikan oleh K.H. Ahmad Dahlan dalam novel sang pencerah.

D. Pengertian Istilah
1. Metode adalah cara yang teratur dan sistematis untuk pelakasanaan sesuatu. Sedangkan metode yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah cara yang dilakukan oleh Kyai Ahmad Dahlan dalam mengajarkan para santrinya.
2. Pembelajaran berasal dari kata belajar yang berarti berusaha, berlatih untuk mendapatkan ilmu. Pembelajaran menurut Dimyati dan Mudjiono dalam bukunya Saiful Sagala adalah kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional, untuk membuat siswa belajar secara aktif, yang menekankan pada penyedian sumber belajar.
3. Novel adalah karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang-orang disekelilingnya dengan menunjukkan watak dan sifat pelaku. Menurut peneliti sendiri novel adalah buku yang berisi cerita yang mana pelakunya mengalami peristiwa yang menyebabkan perubahan dalam hidup.
4. Kyai adalah guru agama, pemimpin agama dan tokoh agama yang siap mengikuti arus perubahan zaman. Kyai dapat memerankan dirinya sebagai tabib dikalangan masyarakat santri, manakala belum ada ahli pengobatan yang lain, seperti dokter dan mantri kesehatan lainnya.

E. Sumber Data
Novel sang pencerah sumber data primer,

F. Pendekatan Metode penelitian
_Pendekatan kualitatif
_Metode Library research,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata