12 Jan 2013

Kapita Selekta Pendidikan Islam

PENDIDIKAN ISLAM
DALAM TRANSFORMASI SOSIAL BIDAYA

Kondisi Makro PI di Dunia:
1.    Pendidikan Islam dipertanyakan relevansinya di era perkembangan IPTEK saat ini, khususnya terkait kontribusinya bagi pembentukan budaya modern yang berbasis IPTEK.
Dalam konteks ini, pendidikan mengalami degradasi fungsional karena orientasi


2.    Hampir semua sistem pendidikan selalu kalah berpacu dengan perubahan sosial.

    Dunia pendidikan yang mengalami perubahan fungsi menjadi hanya sekedar pemasok tenaga kerja terampil yang dibutuhkan dunia industri, maka akan kehilangan orientasinya, yakn transfer of knowledge and value.
    Ketika orientasi pendidikan gagal, maka hilanglah kesadaran manusia akan eksistensinya maupun tujuan hidupnya.
    PI juga terhindar dari kemelut yang dihadapi dunia pendidikan pada umumnya, bahkan konflik yang dihadapi sistem PI lebih kompleks karena memasukkan dimensi agama.
3.    Multi Paradigma dalam Pendidikan Islam
    Aspek yang tercakup sangat kompleks, meliputi berbagai dimensi, seperti: intelektual, kulturan, nilai transendental, skill, dll.
    Pendidikan Islam meliputi unsur profan dan immanen. Ini berarti tidak mengenal dikotomi antara keduanya.
    Dalam menghadapi hal ini, ummat Islam terjebak pada determinisme historik dan realisme praktis.
a.)    Sejarah Pendidikan Islam berhasil melahirkan kaum intelektual dunia dan kejayaan peradaban
b.)    Realitas praktis sistem PI berhadapan dengan realitas perkembangan masyarakat modern.
4.    Posisi Pendidikan Islam
a.    Perkembangan pada pola budaya yang dikembangkan masyarakat industri.
b.    Tidak mampu menembus tembok dikotomik
c.    Hanya mampu beradabtasi dengan kecendrungan pendidikan yang sangat berorientasi materialistik guna mendukung medernisasi yang cetak birunya tidak mereka tentukan sendiri, sebagai akibat kekalahan dalam persaingan budaya global.
d.    Sistem pendidikan Islam di dunia tidak menunjukkan kemajuan, baik untuk pengembangan iptek maupun pembentukan kepribadian anak didik.
Pertama, ditandai dengan mandulnya study Islam di dunia Islam, kini bergeser ke Barat. Sebagai implikasinya: dampak negatif dari adopsi metodologi dan profil ilmuan muslim yang sekuler.
Kedua, lahirnya pengangguran terdidik muslim yang terus meningkat.

5.    Gagalnya PI Sebagai Pendidikan Alternatif
a.    Hambatan Internal:
1)    Tiadanya kurikulum yang baku sebagai garis batas tergadap sistem pendidikan lainnya.
2)    Belum adanya metodologi yang baku
3)    Belum adanya alat ukur yang handal dalam menilai hasil pendidikan.
b.    Hambatan Eksternal:
1)    Masih bergantung kurikulum pemerintah
2)    Kekurangan dana
3)   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata