10 Jan 2013

STRATEGI PENGEMBANGAN PAI MELALUI RISET DAN EVALUASI


A.    PENGEMBANGAN PENDIDIKAN
Suatu Kewajaran Proses dan Sistem
Dalam tata kehidupan yang semakin rumit dan kompleks telah membuat proses dan sistem pendidikan sukar berjalan mulus karena terkantuk berbagai persoalan seperti: kejadian lokal,
regional, nasional dan internasional. Kenyataan itu tidak cukup direspon dengan keprihatinan, tapi menanggapinya dalam kewajarab tertentu karena upaya pendidikan mempunyai batasan tertentu.
Hikmah yang diharapkan; tumbuhnya upaya kreatif secara terus menerus dalam mengembangkan pendidikan tanpa beban “kenestapaan”.

B.    KWALITAS MANUSIA (Eksistensi-Konsekwensi)
1.    Fi ahsani taqwim (sebaik-baik bentuk kejadian) (QS. At-Tiin: 4)
2.    Memiliki potensi (QS. An-Nahl: 78)
Dengan pendengaran, penglihatan, hati:

C.    RISET DAN EVALUASI
Suatu kebutuhan yang urgen menurut Borg dan Gall dalam Educational Research dan W. Tayler dalam Prospects for Research and Development and School Change:
Riset dan Evaluasi pendidikan merupakan dua jurus empirical inquiry disamping pengukuhan dalil-dalil naqliyah yang sanggup menjadi landasan pengembangan pendidikan yang bijak. Hal itu karena misi dan tanggungjawab PAI lebih berat dan kompleks daripaada jenis pendidikan lainnya, yakni; tugas pengajaean dan dakwah.

D.    STRATEGI “Meminjam Model”
Banyak model riset pengembangan pendidikan. Masing-masing mempunyai pentahapan dan langkah-langkah yang kadang berbeda. Seperti pada aspek-aspek:
1.    Strategi Perencanaan Program
2.    Strategi Pengembangan Produk
3.    Strategi Penyebarluaskan Produk

E.    MODAL YANG HARUS DIMILIKI
1.    Modal kelembagaan: Memiliki Badan Riset
2.    Modal SDM: Tenaga penelitian yang handal






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata