Dosen Pembina : Prof. Dr. Tobroni, M.Si.
Jurusan/Prodi : Tarbiyah/PAI
Semester : Ganjil (V)
Tahun Akademik : 2012/2013
Tujuan Perkuliahan:
1. Mengkaji dan mengembangkan paradigma dan teori pendidikan Islam dalam perspektif filosofis, teologis dan spiritualitas
2. Mengkaji dan mengembangkan konsep, tujuan, kurikilum dan komponen-komponen lain dalam pendidikan Islam dari perspektif al-Qur’an dan al-Hadis
3. Mengkaji dan mengembangkan pemikiran para tokoh tentang pendidikan Islam, baik yang bersifat normative, teoritik maupun praktik
4. Mengkaji dan mengembangkan gagasan-gagasan baru dalam pendidikan Islam
Tugas:
1. Mereview lima dari tiga belas pembahasan dalam sillabi berikut
2. Membuat profil tentang pendidikan yang ideal (madin/PAI/TK/PAUD)
3. Tugas ditulis tangan atau diketik
Materi Perkuliahan:
KULIAH KE 1: ORIENTASI UMUM DAN SISTEM PERKULIAHAN
KULIAH KE 2: PENDAHULUAN
1. Manusia makhluk berfikir, bertanya, mencari solusi, menemukan ide-ide baru, ilmu baru
2. Berfikir dalam berfilsafat ada kaidah-kaidah dan pola-polanya yang tidak sama dengan menghayal atau berfantasi
3. Berfikir antara teks dan konteks dan kebebasan berfikir
4. Problem-problem pendidikan Islam yang memerlukan solusi
5. Perlunya ide-ide baru dalam pendidikan Islam
KULIAH KE 3: KERANGKA FILSAFAT, TEOLOGI DAN SPIRITUALITAS DALAM PENDIDIKAN
1. Konsep paradigma menurut Thomas Kuhn
2. Konsep filsafat
3. Konsep teologi
4. Konsep spiritualitas
5. Kerangka filosofis, teologis dan spiritualitas dalam pendidikan
KULIAH KE 4: HAKEKAT PENDIDIKAN (I)
1. Konsep dan pendidikan
2. Pendidikan dan kehidupan
3. Fungsi pendidikan
4. Seputar Konsep Pendidikan Islam
5. Pemikiran Filosofis Tentang Pendidikan Islam
KULIAH KE 5: VISI DAN MISI PENDIDIKAN ISLAM (II)
1. Rahmat Bagi Semesta Alam
2. Menghargai Ilmu dan Orang yang Berilmu
3. Membangun Peradaban di Era Informasi
4. Penyelamat Peradaban Umat Manusia
KULIAH KE 6: TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM (III)
1. Rumusan Tujuan Pendidikan Islam
2. Strategi Merumuskan Tujuan
3. Setting Sosial dalam Merumuskan Tujuan
4. Hambatan dalam Mencapai Tujuan
KULIAH KE 7: KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM (IV)
1. Pandangan Islam Tentang Ilmu Pengetahuan
2. Pandangan Islam Tentang Akhlak dan Perdaban
KULIAH KE 8: PRADIGMA KEMANUSIAAN DALAM PENDIDIKAN (V)
1. Perjalan Hidup Manusia
2. Kehewanan dan Kemanusiaan Manusia
3. Jati Diri Manusia
4. Kebebasan Manusiaan
5. Tugas Hidup Manusia
6. Muhammad Profil Ideal Manusia
7. Pendidikan Berwawasan Kemanusiaan
KULIAH KE 9 : GURU DALAM PENDIDIKAN ISLAM (VI)
1. Guru dalam Pendidikan Islam
2. Profesionalisme Guru
3. Guru Yang Efektif
4. Pemberdayaan Guru
KULIAH KE 10: PARADIGMA HUMANISME DALAM INTERAKSI EDUKATIF (VII)
1. Metode Pembelajaran Humanistik
2. Metode Pembelajaran yang Integralistik
3. Metode Pembelajaran: Tilawah, Ta’lim, Tadlrib, Tazkiyah, dan Ta’dib
4. Interaksi Edukatif dalam Pendidikan Islam
KULIAH KE 11: SPRITUALITAS DALAM PENDIDIKAN ISLAM (VIII)
1. Gagasan Tentag Spritualisasi Pendidikan
2. Spritualisasi Tujuan Pendidikan
3. Integrated Knowledge: Spritualisasi Kurikulum
4. Spritualisasi Subyek Guru (Guru dan Siswa)
5. Spritual Leadership: The Problem Solver Krisis Kepemimpinan Pendidikan Islam
Kuliah ke 12 Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam (IX)
1. Imam al-Ghazali
2. Ibnu Miskawaih
3. Athiyah al-Abrasyi
4. Omar Mohammad al-Syaibati
Kuliah ke 13 Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam Nusantara (X)
1. Ki Hajar Dewantoro
2. KH. Ahmad Dahlan
3. KH. Hasyim asy’ari
4. Syed Mohammad al-Naquib al-Attas
KULIAH KE 14: IDE-IDE BARU DALAM PENDIDIKAN ISLAM
5. Aspek tujuan pendidikan
6. Aspek kurikulum
7. Aspek pendekatan pembelajaran
8. Aspek murid
9. Aspek guru
10.Aspek nilai dan budaya
11.Aspek budaya
KULIAH KE 15: CLOSING REMARK/BRAINSTORMING
BUKU WAJIB
Tobroni, 2008. Pendidikan Islam: Paradigma Teologis, Filosofis dan Spiritualitas. UMM Press.
Tobroni. 2012. Relasi Kemanusiaan dalam Keberagamaan. Mengembangkan Etika Sosial Melalui Pendidikan. Lubuk Agung, Bandung
Azra, Azyumardy, 2000. Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos.
Mas’ud, Abdurrahman. 2002. Menggagas Pendidikan Non Dikhotomik. Yogyakarta: Gama Media.
Dewey, John. 1964. Democracy and Education. New York: the Macmillan Company.
BUKU ANJURAN
Buchori, Mochtar. 2001. Pendidikan Antisipatoris. Yogyakarta: Kanisius.
Davis, Garry A. & Margaret A. Thomas. 1989. Effective Schools and Effective Teacher, Boston: Allyn and Bacon.
Gordon, Thomas. 1990. Teachers Effectives Training (penyadur Mudjito). Jakarta: Rajawali Press.
Jalal, Fasli dan Dedi Supriadi, (ed). 2001. Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adi Cita.
Moedjiarto. 2002. Sekolah Unggul. Data Graha Pustaka.
Sidi, Indra djati. 2001. Menuju Masyarakat Belajar: Menggagas Paradigma Baru Pendidikan. Jakarta: Paramadina.
Suprayogo, Imam. 1998. Reformasi Visi Pendidikan Islam. Malang: STAIN Press.
------------- . 2004. Pendidikan Berparadigma Al-Qur’an. Malang: UIN Press.
Tony Townsend, Effective Schooling: Research, Theory and Practice, London and New York: Roudledge, 1994.
Ulwan, Abdullah Nasih. 1992. Tarbiyatu Al-Aulad Fi Al-Islam. Terj. Khalilullah Ahmas Maskur Hakim Bandung: Remaja Rosdakarya.
KEGIATAN PERKULIAHAN
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Penulisan paper
5. lesson learn
PENILAIAN
1. Penguasaan substansi akademik
2. Kehadiran tidak kurang dari 75 %
3. Partisipasi dan Keaktifan di kelas
4. Kualitas paper dan presentasi
5. Tugas akhir
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Mari kita membaca dengan hati plus mata