9 Nov 2011

Penggalan Kesehatan

Oleh M. Feri Firmansyah

Hipertensi adalah sesuatu keadaan dimana tekanan darah tidak normal. Penjelasannya sebagai berikut:

    150/90 mmHg pada orang yang berumur 45 tahun
    130/90 mmHg pada orang yang kurang berumur 45 tahun

Pencegahannya silahkan dicoba resep ini fikiran tenang, santai, positif, kurangi konsumsi garam pada makanan. Batasi makanan berkolesterol terutama usus. Kurangi konsumsi kafein. Tidak merokok, tidak minum minuman alcohol, hindari stress dan sedih berkepanjangan. Olahraga semampunya dan teratur. Istirahat cukup, imbangi konsumsi bahan makanan sambar kalium (Pisang, avokad, apel merah, kacang hijau, kedelai, bayam, wortel, ayam, ikan segar, telur, kentang, ubi kuning).

Kelapa muda mempunyai khasiat gizi yang luar biasa; terdapat makro berupa nitrogen dari asam amino) dan  karbon (dalam bentuk karbohidrat sederhana), begitu juga unsure mikro berupa mineral untuk ganti ion tubuh. Karena tubuh kita lebih segar setelah meminumnya, kelapa jga mengandung vitamin C, asam nokotinat, asam folat, asam panto tenat, biotin serta riboflavin. Kelapa juga berfungsi untuk menetralkan racun, cacingan, luka bakar, disentri dan demam berdarah.

Jika anda sakit kepala, cobalah minum kopi, karena kafein dalam kopi membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Selain itu, bisa dengan makan stroberi. Karena sumber salicylat alami, bahan aktifnya dalam aspirin.

Salah satu penyebab gampangnya terkena kram kaki adalah kekurangan potassium. Untuk itu anda bisa konsumsi buah yang mengandung potassium seperti pisang.

Biasanya kita minum aspirin untuk meredakan  demam. Demam adalah alat kekebalan tubuh yang tujuannya tuk membunuh habis mikroorganisme penyebab infeksi. Dengan kata lain deman adalah proses turun msin dari tubuh untuk dibersihkan dari segala kotoran. Dengan bantuan obat, penyakitnya justru bertahan lebih lama, ada beberapa hal bisa dilakukan untuk merasa nyaman sementara membiarkan demam merenovasi tubuh kita seperti mandi dengan air panas, minum jahe. Supaya berkeringat dan melebarkan kapiler – kapiler dipermukaan kulit), banyak minum tuk ganti cairan yang hilang. Semakin banyak buang air kecil semakin cepat untuk membersihkan tubuh dari infeksi.

Cabe mengandung zat capsaicin yang mengeluarkan rasa pedas yang dapat membantu liver membersihkan insulin. Insulin adalah hormone yang salah satu fungsinya member sinyal pada tubuh untuk menyimpan lemak dari aliran darah. Artinya anda bisa menangkis berat badan menggunakan cabe.

Anda bisa menambahkan tepung jagung untuk membuat hidangan pada kare anda lebih kental dan menggugah salera sebagai bonusnya anda akan mendapatkan anti oksidan. Zeaxanthin yang akan membantu penglihatan anda. Sedangkan dari bawang putih dalam masakan pada tumisan, ada enzim alianase yang fungsinya untuk anti kanker.

Dengan mengonsumsi sumber protein  seperti ikan, daging, telur, kacang – kacangan. Membuat kita lebih bertenaga dan siap tanggap karena protein menghasilkan hormone tirosin (yang menghasilkan sel syaraf norepineprin) yang member perasaan riang, waspada, dorongan untuk bertindak.




Hasil penelitian Duke University: berolahraga dengan membakar 1.100 kalori perminggu akan membuat anda terhindar dari lemak perut. Para ahli memantau jaringan visceral adipose_lemak perut penyebab meningkatnyak ada gula darah, darah tinggi dan radang pada pembuluh darah. Ternyata mereka yang joging to jalan kaki 18 KM seminggu tak mengalami penambahan lemak visceral, sedangkan mereka yang tidak berolahraga menabung 9% lemak. Opsi selain joging anda dapat bersapeda sejauh 28 KM atau berenang 102 menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata