19 Nov 2011

Psikolgi Perkembangan

Oleh M. Feri al-Bageloka
Psikologi perkembangan adalah psikologi yang mempelajari perkembangan anak dari bayi hingga dewasa. ini berarti lebih mengkhususkan pada perkembangan seorang anak dari tingkat anak-anak hingga dewasa tanpa menaruh lansia dan pra lansia.

Psikologi Perkembangan menurut versi yang ada dalam al-Quran dalam surat al-Mukmin aya 67 (silahkan buka sendiri). ini berarti Psikologi Perkembangan ialah ilmu yang mempelajari pertembuhan manusia mulai dari janin ataupun segumpal darah (agar mempunyai kekuatan) kemudian wafat. Berarti konsep dalam surat al-Mukmin ialah ilmu yang mempelajari pertumbuhan dan perkembangan manusia dari ketidaktahuan menjadi tahu, ini juga diterangkan dalam al-Quran Surat al-'Alaq yang artinya yang mengajarkan manusia tentang apa dia tidak tahu".
Dengan Psikologi perkembangan seseorang bisa berinteraksi dengan orang lain yang tidak sesuai dengannya (bisa menempatkan diri). Selain itu, Psikologi juga mengajarkan kepada kita tentang karakteristik orang lain dan secara eksplisit Psikologi mengajarkan kepada kita seni dan adab bergaul.

Apa yang harus dilakukan oleh Pendidik terhadap peserta didik
  • jika anak didik itu berbakat dalam bidang tertentu, sebagai seorang guru sebaiknya mengembangkan ptoensi dan bakat alami yang dimiliki anak didik tersebut. Dan ciptakan suasana belajar yang menyenangkan, seperti mengajaknya peserta didik untuk nonton film yang bisa mengembangkan potensinya. Dan mengajar anak seperti tidak terlalu sulit asalkan ank itu terus mendapatkan bimbingan.
  • anak yang karakternya tidak sesuai dengan usianya, artinya ia melakukan perbuatan orang dewasa dan peserta didik yang selalu berkata kotor, maka ini metode pendekatannya
_perdengarkanlah ayat-ayat Quran
_hubungi orang tuanya agar tidak memberikan contoh yang tidak baik
_ciptakan pergaulan yang islami dengan bekerja sama dengan orang tua si Murid
_menasehatinya secara pelan-pelan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata