2 Jan 2013

Pengajian Sepekan; Persoalan seputar Ajaran Islam

Oleh M. Feri Firmansyah



Chapter 1; Akhlak
Akhlak dapat berpengaruh dalam kehidupan pribadi seseorang.
Kesalahan seseorang dalam berdakwah adalah dia berdakwah tanpa ilmu dan metode hanya mengandalkan semangat.
Tujuan diutus Rasulullah saw untuk memperbaiki akhlak manusia. Berlebihan dalam berbicara atau suka berbicara kotor merupakan perbuatan keji.
Kesabaran adalah akhlak yang baik dalam menghadapi musibah. Dengan akhlak ini bisa memberatkan seseorang mukmin adalah baiknya akhlak. Dan orang yang paling dicintai oleh Rasulullah saw adalah orang yang paling baik akhlaknya.
Sabda beliau saw orang yang paling baik akhlaknya adalah generasi sahabatku, tabi’in. Kebanyaka yang dapat memasukkan seseorang dalam surge Allah swt adalah ketaqwaan dan baiknya akhlak.

Chapter 2;  Pentingnya Ilmu
Sabda Rasulullah saw; akan turun kepada mereka dengan sakinah (kesenangan), rahmah serta malaikat yang mengelilingi majelis tersebut. Mereka mahluk Allah seperti malaikat, Jin berkumpul untuk mendengarkan ayat-ayat Allah.
Islam dibangun asas ilmu yaitu Al-Quran dan As-Sunnahnya. Apabila mereka meninggalkan asas ini mereka akan sesat.
Sesungguhnya ulama merupakan warisan para Nabi. Karena nabi tidak mewariskan dirham, dinar melainkan para Rasul mewariskan ilmu. Barangsiapa yang berilmu, maka ia telah mengambil bagian dari warisan Nabi dan Rasul.

Chapter 3; Shalat
Merupakan tali penghubung kita dengan Allah, moradutol ibadah (taman ibadah). Shalat itu merupakan pertolongan kepada perkara-perkara yang penting dari Allah dan dapat mencegah dari perbuatan keji dan munkar. Dengan kesabaran dan keyakinan maka kita akan sukses. Sabar merupakan menahan diri dari perkara-perkara yang tidak diridhai oleh Allah
Kenapa kita tidak terhindar dari nahi mungkar dalam shalat;
•    Jika kita masih melakukan kemungkaran
•    Dia tidak bisa memahami apa yang dibaca ayat-ayat Al-Quran.

Chapter 4; Agar Terhindar dari Kemungkaran
Tipsnya;
_Pahamilah apa yang kita baca dalam Al-Quran / makna Al-Quran
_Jangan Shalat seperti mematuk Makanan
_Shalat yang penuh kekhusu’an
Sabda Rasululla; bagaimana pendapat kalian jika ada sungai di depan rumah salah satu dari kalian lalu kalian mandi sehari lima kali. Apa ada yang tertinggal dari? Sahabat menjawab Tidak ada satupun yang tertinggal. Beliau bersabda begitulah shalat (HR. Muslim dan Bukhari).
Dosa kecil diampuni oleh Allah dengan shalat lima waktu. Kalau dengar suara adzan tanpa mikrofon maka wajib kita datangi walaupun ditempat yang jauh. Yang berkaiatan dalam shalat merupakan hadirnya hati dalam shalat. Ini merupakan penyebabkan seseorang masuk surga. Orang yang beruntung orang yang memelihara farji, menjaga shalatnya, menjaga amanah.
Ikhlas di dalam shalat adalah kita mentauhid Allah, beribadah kepada Allah, menunaikan shalat seperti yang dicontoh oleh Rasulullah saw.

Chapter 5; Empat Faedah Menulis sesuatu di Mulai dengan Bismillahirrahmanirahim
Keempat faedah itu adalah;
_Mencontohi perbuatan Allah
Fungsi pembatas/ pemisah surat satu dengan surat satu dengan surat yang lain, karena jika tidak ada bismillah maka bagian surat tersebut bagian dari surat lain tersebut.
_Mencotohi perbuatan Rasulullah saw

Chapter 6; Adab Majelis
Ciri orang yang tidak tahu hak Allah swt adalah orang yang diberi rizki namun ia bermaksiat kepada Allah dan tidak tahu kewajiban kepada Allah.
Jika ada yang memberi pelajaran pada dirimu jangan engkau berbicara dengan orang lain jangan engkau tidak memperhatikan gurumu karena itu adab dan ilmu di dapat melalui adab. Ketika orang tahu beradab atau menjaga adab dan takut kepada Allah, tawakkal kepada Allah maka Dia akan memudahkan urusan kita.
Apa perbedaan Bismillah dengan bismillahirrahmanirrahim?
Jawaban;
Kecuali yang tidak disebutkan dalilnya maka diawali dengan bismillahirrahim

Chapter 7; Kenikmatan yang Paling Besar
Kenikmatan yang paling besar yaitu jembatan untuk tidak terjun ke neraka yaitu Islam. Sabda Rasulullah saw “tidak dari umat ini hidup ketika meninggal tidak beriman kepadaku maka pantas baginya masuk kedalam neraka.
Shalat merupakan ibadah pertama dihisab diakhiraat kalau shalatnya baik maka amalan yang lain baik dan kalau shalatnya buruk maka buruk pula amalannya. Pakaian terbaik harus kita pakai ketiaka menghadap Allah.

Chapter 8; Hikmah Surah Al-Hadid
Ilmu yang paling tinggi adalah Al-Quran, barangsiapa yang membaca perhuruf dalam Al-Quran pahalanya 10.
Tips Menghafal Al-Quran
_Kejujuran
_Semangat keikhlasan

Pembatal Wudhu
1.    Murtad adalah secara hokum syar’I mereka bertaubat diberi waktu selama tiga hari. Apabila tidak bertaubat maka harus dipenggal lehernya atas wewenang pemerintah.
2.    Makan daging Unta
3.    Sesuatu yang keluar antara dua lubang
4.    Tidur yang pulas
5.    Jenabah adalah mimpi basah keluar mani ketika berhungan dengan isteri walaupun tidak keluar mani
6.    Menyentuh kemaluan tanpa batas
7.    Hilangnya akal
Berijma’ dengan isteri pada waktu wudhu itu membatalkan wudhu, karena Rasulullah pernah mencium Aisyah kemudian beliau berwudhu. Akan tetapi apabila bersentuhan denagn wanita bukan mahram tidak membatalkan wudhu, tetapi haram hukumnya. Orang munafik lebih jelek dari pada orang kafir karena orang munafik menyembunyikan kekafiran.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata