Mata
Pelajaran
|
:
|
Pendidikan
Agama Islam
|
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMK
|
Kelas/Semester
|
:
|
XI/Ganjil
(MM/APK)
|
Pertemuan
ke
|
:
|
14-15
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
2
jam pelajaran x 40 menit (2 kali pertemuan)
|
- Standar Kompetensi
8.
|
Memahami
ketentuan Shalat Jum’at
|
- Kompetensi Dasar
8.1
|
Menjelaskan
kaifiyat Shalat Jum’at
|
8.2
|
Menjelaskan
kaifiyat Khutbah Jum’at
|
8.3
|
Mempraktikkan
Khutbah Jum’at
|
8.4
|
Melaksanakan
Shalat Jum’at
|
- Indikator Pencapaian Kompetensi :
Siswa
mampu:
|
|
8.1.1
|
Menjelaskan
kaifiyat Shalat Jum’at
|
8.1.2
|
Menjelaskan
kaifiyat Khutbah Jum’at
|
8.1.3
|
Mempraktikkan
Khutbah Jum’at
|
8.1.4
|
Melaksanakan
Shalat Jum’at
|
- Materi Standar
Materi
pokok : Shalat Jum’at
Uraian
materi pokok
- Kewajiban Shalat Jum’at
- Persiapan Shalat Jum’at
- Adab dalam masjid
- Adab mengikuti Khutbah Jum’at
- Kegiatan sunnah setelah Shalat Jum’at
- Khutbah Jum’at
- Metode Pembelajaran:
Metode: ceramah,
simulasi,
tanya-jawab,
dan
resitasi
(pemberian
tugas)
Teknik: kelompok,
individu, praktik dan pengamatan
- Tujuan Pembelajaran
Pertemuan XIV
Kognitif :
- Siswa dapat menjelaskan kaifiyat Shalat Jum’at
- Siswa dapat menjelaskan kaifiyat Khutbah Jum’at
Afektif :
- Siswa dapat mengembangkan karakter yang terkait dengan wujud tanggung jawab dan menyelesaikan tugas.
- Siswa dapat mengembangkan kejujuran, kedisiplinan dan menumbuhkan dalam dirinya tentang ketentuan Shalat Jum’at.
Psikomotorik
:
- Siswa dapat menerapkan kaifiyat Shalat Jum’at dan Khutbah Jum’at dalam kehidupan sehari-hari
Pertemuan XIV
Kognitif :
- Siswa dapat melaksanakan kaifiyat Shalat Jum’at
- Siswa dapat melaksanakan kaifiyat Khutbah Jum’at
Afektif :
- Siswa dapat mengembangkan karakter yang terkait dengan wujud tanggung jawab dan menyelesaikan tugas.
- Siswa dapat mengembangkan kejujuran, kedisiplinan dan menumbuhkan dalam dirinya tentang pelaksanaan Shalat Jum’at dan Khutbah Jum’at.
Psikomotorik :
- Siswa dapat mempraktikkan Shalat Jum’at dan Khutbah Jum’at
- Strategi Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
|
|
|
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
XIV
Kegiatan
Awal (10 menit)
|
|
Nilai Budaya
Dan Karakter
Religius,
Santun,
Disiplin,
|
Bertanggung
jawab,
Sadar hak &
kewajiban,
|
Berani
Patuh
Aturan
|
Kegiatan
Inti (55 menit)
|
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
Elaborasi
Konfirmasi
|
Kegiatan
Akhir (10 menit)
|
|
Penutup
(5 menit)
|
|
Pertemuan
XV
Kegiatan
Awal (10 menit)
|
|
Nilai
Budaya Dan Karakter
Religius,
Santun,
Disiplin,
|
Bertanggung
jawab,
Sadar hak &
kewajiban,
Percaya
diri
|
Berani
Patuh
Aturan
|
Kegiatan
Inti (55 menit)
|
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
Elaborasi
|
- Siswa berkumpul dengan kelompoknya kemudian membagi peran dalam kelompok.
Elaborasi
- Guru menginstruksikan kepada setiap kelompok untuk memparktikkan secara bergiliran.
Konfirmasi
- Siswa mempraktikan secara bergiliran dengan menjalankan tugas sesuai peran.
Kegiatan
Akhir (10 menit)
- Guru memberikan waktu kepada siswa untuk bertanya mengenai pelajaran yang belum dipahami.
- Guru memberi kesimpulan tentang materi yang telah diajarkan.
Penutup
(5 menit)
- Guru membimbing siswa untuk berdoa bersama.
- Guru menutup pelajaran dengan salam.
- Penilaian
- Jenis Tagihan
- Ulangan harian
- Tugas
- Teknik
- Tes tulis
- Tugas Individu
- Bentuk Instrumen
- Uraian
- Performance
- Portofolio
- Soal Ulangan Harian (terlampir)
- Tugas atau Proyek
Tugas
berupa teks Khutbah Jum’at
Buatlah
teks Khutbah Jum’at sesuai dengan tema yang sesuai dengan undian
yang telah didapatkan!
- Petunjuk Penilaian
- Aspek kognitif (soal dan kunci jawaban terlampir)
Lembar Penilaian:
- NoNama SiswaNomor SoalScore123123dst.
Aspek penilaian
kognitif
- Jumlah betul : Jumlah soal = N X 90 %
- Total score = 90
- Aspek Afektif
No.
|
Nama
siswa
|
Aspek
|
Score
|
|||||||||||
Bekerja
sama
|
Tanggung
jawab
|
Disiplin
|
||||||||||||
A
|
B
|
C
|
D
|
A
|
B
|
C
|
D
|
A
|
B
|
C
|
D
|
|||
1.
|
||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||
Dst
|
Aspek
penilaian
afektif:
A : Sangat Baik
(91 – 100)
B : Baik (81 –
90)
C : Cukup (70 –
80)
D : Kurang (≤
69)
Total Score dibagi 3
(karena ada 3 aspek yang dinilai)
- Sumber Belajar, Media dan Alat
Sumber belajar:
- Buku ajar “Pendidikan Al-Islam kelas XI SMA/SMK/MA Muhammadiyah”
- Modul Pendidikan Agama Islam
- Lingkungan sekitar
Media:
- Powerpoint
- Lingkungan sekitar
Alat:
- Spidol dan papan tulis
- Laptop, LCD dan speaker
Guru
Agama
Drs.
H. Moh. Nasir
NBM.
707.883
|
Malang,
22 Oktober 2012
Praktikan
Atika
Asri N.
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Drs.
Suhandoko
NBM.
667.075
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Mari kita membaca dengan hati plus mata