SILABUS
Madrasah : MTs
Mata
Pelajaran : Al-Qur’an-Hadis
Kelas/
smt : VIII/ II
Standar Kompetensi :
5. Membaca Al-Qur’an surat pendek pilihan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
5.1. Menerapkan hukum bacaan lam dan ro’ dalam Q.S Al-Humazah dan At-Takatsur
|
-
Hukum bacaan lam dan ro’
- Q.S Al-Humazah dan At-Takatsur
|
- Merumuskan hukum bacaan lam dan ro’
- Mencari hukum bacaan lam dan ro’dalam Q.S Al-Humazah dan At-Takatsur
- Mempraktikkan hukum bacaan lam dan ro’dalam Q.S Al-Humazah dan At-Takatsur
|
- Menjelaskan hukum bacaan lam dan ro’
- Mengidentifikasi hukum bacaan lam dan ro’dalam Q.S Al-Humazah dan At-Takatsur
- Mengaplikasikan hukum bacaan lam dan ro’dalam Q.S Al-Humazah dan At-Takatsur
|
-
Tes tulis
-
Tes lisan
|
2 x 40 menit
|
Buku Paket dan Juz’amma
|
Standar Kompetensi :
6. Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan tentang
menimbun harta (serakah)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
6.1. Memahami isi kandungan Q.S. Al-Humazah dan At-Takatsur tentang menimbun
harta
|
- Q.S. Al-Humazah dan At-Takatsur
- Terjemahan Q.S. Al-Humazah dan At-Takatsur
- Ayat-ayat dalam Q.S. Al-Humazah dan At-Takatsur
tentang menimbun harta (serakah)
- isi kandungan Q.S. Al-Humazah dan At-Takatsur
tentang menimbun harta (serakah)
|
- Membaca Q.S. Al-Humazah dan At-Takatsur
- Menerjemahkan Q.S. Al-Humazah dan At-Takatsur
- Menentukan ayat-ayat dalam Q.S. Al-Humazah dan
At-Takatsur tentang menimbun harta (serakah)
- menggali isi kandungan Q.S. Al-Humazah dan
At-Takatsur tentang menimbun harta (serakah)
|
- Membaca Q.S. Al-Humazah dan At-Takatsur
- Menerjemahkan Q.S. Al-Humazah dan At-Takatsur
- Memilih ayat-ayat dalam Q.S. Al-Humazah dan
At-Takatsur tentang menimbun harta (serakah)
- Menjelaskan isi kandungan Q.S. Al-Humazah dan
At-Takatsur tentang menimbun harta (serakah)
|
-
Tes lisan
-
Tes tulis
|
2 x 40 menit
|
Buku Paket dan Juz’amma
|
6.2. Memahami keterkaitan isi kandungan Q.S. Al-Humazah dan At-Takatsur
tentang Sifat Cinta Dunia dan melupakan Kebahagian hakiki dalam fenomena
kehidupan
|
- Macam-macam gaya hidup masyarakat dalam mengumpulkan kekayaan dalam
fenomena kehidupan
- Contoh perilaku orang yang serakah dalam menimbun harta
- Penyebab seseorang serakah dalam menimbun harta dan melupakan kebahagian hakiki
|
- Mendiskusikan fakta macam-macam gaya hidup masyarakat dalam mengumpulkan
kekayaan dalam fenomena kehidupan
- Mencari contoh perilaku orang yang serakah dalam menimbun harta
- Menganalisis penyebab seseorang serakah dalam menimbun harta dan melupakan kebahagian hakiki
|
- Menjelaskan fakta macam-macam gaya hidup masyarakat dalam mengumpulkan
kekayaan dalam fenomena kehidupan
- Menyebutkan contoh perilaku orang yang serakah dalam menimbun harta
- Menjelaskan penyebab seseorang serakah dalam menimbun harta dan melupakan kebahagian hakiki
|
-
Tes tulis
-
Tes lisan (diskusi)
|
2 x 40 menit
|
|
6.3. Menerapkan kandungan Q.S. Al-Humazah dan At-Takatsur dalam fenomena
kehidupan sehari-hari dan akibatnya
|
- Contoh perilaku orang yang menyeimbangkan kehidupan dunia dan akherat
- Cara hidup dan mencari kekayaan di dunia yang dianjurkan agama
|
- Menyebutkan contoh perilaku orang yang menyeimbangkan kehidupan dunia dan
akherat
- Menjelaskan cara hidup dan mencari kekayaan di dunia yang dianjurkan
agama
|
- Menunjukkan contoh perilaku orang yang menyeimbangkan kehidupan dunia dan
akherat
- Menjelaskan cara hidup dan mencari kekayaan di dunia yang dianjurkan
agama
|
-
Tes tulis
|
|
|
Standar
Kompetensi : 7.
Memahami Hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan akherat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
7.1. Menulis Hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan akherat
|
- Hadis tentang keseimbangan hidup
di dunia dan akherat
|
- Menulis Hadis tentang keseimbangan hidup di
dunia dan akherat
|
- Menulis Hadis tentang keseimbangan hidup di
dunia dan akherat
|
-
Tes tulis
|
2 x 40 menit
|
Buku Paket dan Juz’amma
|
7.2. Menerjemah-kan makna Hadis tentang keseimbangan hidupa di dunia dan
akherat
|
- Hadis tentang tentang keseimbangan
hidup di dunia dan akherat
|
- Mengartikan kata kata sulit dalam Hadis tentang keseimbangan hidup di
dunia dan akherat
- Mengartikan Hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan akherat
|
- Mengartikan kata kata sulit dalam Hadis tentang keseimbangan hidup di
dunia dan akherat
- Mengartikan Hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan akherat
|
-
Tes tulis
|
2 x 40 menit
|
|
7.3. Menghafal Hadis tentang keseimbangan hidupa di dunia dan akherat
|
- Hadis tentang keseimbangan hidup
di dunia dan akherat
|
- Menghafal Hadis tentang keseimbangan hidupa di dunia dan akherat
|
- Menghafal Hadis tentang keseimbangan hidupa di dunia dan akherat
|
-
Tes lisan
|
2 x 40 menit
|
|
7.4. Menjelaskan keterkaitan isi
kandungan Hadis dalam perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akherat dalam
fenomena kehidupan dan akibatnya
|
- Isi kandungan Hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan akherat
- Contoh perilaku orang yang menyeimbangkan kehidupan dunia dan akherat
- Akibat orang yang tidak menyeimbangkan kehidupan dunia dan akherat
- Cara hidup yang seimbang menurut ajaran agama
|
- Menyimpulkan pengertian keseimbangan hidup di dunia dan akherat
- Mencari contoh perilaku orang yang menyeimbangkan kehidupan dunia dan
akherat
- Menentukan akibat orang yang tidak menyeimbangkan kehidupan dunia dan
akherat
- Merumuskan cara hidup yang seimbang menurut ajaran agama
|
- Mejelaskan pengertian keseimbangan hidup di dunia dan akherat
- Menunjukkan contoh perilaku orang yang menyeimbangkan kehidupan dunia dan
akherat
- Menyebutkan akibat orang yang tidak menyeimbangkan kehidupan dunia dan
akherat
- Menjelaskan cara hidup yang seimbang menurut ajaran agama
|
-
Tes tulis
|
2 x 40 menit
|
|
…………,
..................
Mengetahui, Guru Mapel Qur’an Hadits.
Kepala
Madrasah
Drs.
Achmad Romli Truli Maulida W. SAg, MAg
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Mari kita membaca dengan hati plus mata