Silabus Mata
Pelajaran
1. Identitas
Mata Pelajaran
Nama Mata
Pelajaran: Praktik Ibadah
Semester: Ganjil
Satuan
Pendidikan: Sekolah Menengah Kejuruan 02 Muhammadiyah Malang
Guru Praktikan:
M. Feri Firmansyah
2. Deskripsi
Mata Pelajaran
Mata Pelajaran
ini membahas tentang Ibadah seperti Shalat, tata cara kepengurusan jenazah dan
hukum dalam Al-Quran atau secara umum mempelajari tentang hubungan dengan
Allah.
3. Standar
Kompetensi
Siswa memahami
Mad
4. Matriks
Pembelajaran
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Nilai Karakter
|
Media
|
Alokasi Waktu
|
Evaluasi
|
Sumber Belajar
|
1.
2.
3.
|
Mengenali Mad Thabi’i
Menyebutkan contoh-contoh Mad Thabi’i
Membaca Mad Thabi’i
|
1.Siswa mampu menyebutkan Mad Thabi’i
2. Siswa mampu menguraikan Mad Thabi’i
3.Siswa mampu mendeskripsikan Mad Thabi’i
|
Mad atau bacaan panjang
|
Ceramah, Tanya Jawab, Drill
|
1.Membaca Al-Quran dengan fasih dan benar
2.Menerapkan nilai-nilai tajwid pada bacaan Al-Quran
|
White Board, Power Point,
Anggota Badan (Ini belajar visual)
|
1 TM
|
Tugas Kelompok
Tes Tulis
Pengamatan
|
Al-Quran terjemahan
Kaidah Tajwid KH. Imam Zarkasyi
|
4.
5.
6.
7.
|
Mengenali Mad Mad Wajib Muttasil dan Mad Jaiz Munfasil
Menyebutkan contoh-contoh Mad Wajib Muttasil dan Mad Jaiz Munfasil
Membaca Mad Jaiz Munfasil dan Mad Wajib Muttasil
Membedakan bacaan Mad Wajib Muttasil dan Mad Jaiz Munfasil
|
4.Siswa mampu menyebutkan contoh Mad Wajib Muttasil dan Mad Jaiz
Munfasil
5. Siswa mampu menguraikan Mad Wajib Muttasil dan Mad Jaiz Munfasil
6.Siswa mampu mendeskripsikan Mad Mad Wajib Muttasil dan Mad Jaiz
Munfasil
7. Siswa mampu membedakan cara membaca Mad Wajib Muttasil dan Mad
Jaiz Munfasil
|
Mad atau bacaan panjang
|
Ceramah, Tanya Jawab, Drill
|
1.Membaca Al-Quran dengan fasih dan benar
2.Menerapkan nilai-nilai tajwid pada bacaan Al-Quran
|
White Board, Power Point,
Anggota Badan (Ini belajar visual)
|
1 TM
|
Tugas Kelompok
Tes Tulis
Pengamatan
|
Al-Quran terjemahan
Kaidah Tajwid KH. Imam Zarkasyi
|
8.
9.
10.
11.
|
Mengenali Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi dan Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi
Menyebutkan contoh-contoh Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi dan Mad Lazim
Mukhaffaf Kilmi
Membaca Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi dan Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi
Membedakan bacaan Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi dan Mad Lazim Mukhaffaf
Kilmi
|
8.Siswa mampu menyebutkan contoh Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi dan Mad
Lazim Mukhaffaf Kilmi
9. Siswa mampu menguraikan Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi dan Mad Lazim
Mukhaffaf Kilmi
10.Siswa mampu mendeskripsikan Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi dan Mad
Lazim Mukhaffaf Kilmi
11. Siswa mampu membedakan cara membaca Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi dan
Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi
|
Mad atau bacaan panjang
|
Ceramah, Tanya Jawab, Drill
|
1.Membaca Al-Quran dengan fasih dan benar
2.Menerapkan nilai-nilai tajwid pada bacaan Al-Quran
|
White Board, Power Point,
Anggota Badan (Ini belajar visual)
|
1 TM
|
Tugas Kelompok
Tes Tulis
Pengamatan
|
Al-Quran terjemahan
Kaidah Tajwid KH. Imam Zarkasyi
|
12.
13.
14.
15.
|
Mengenali Mad Arid Lissukun dan Mad Iwad
Menyebutkan contoh-contoh Mad Arid Lissukun dan Mad Iwad
Membaca Mad Arid Lissukun dan Mad Iwad
Membedakan bacaan Mad Arid Lissukun dan Mad Iwad
|
12.Siswa mampu menyebutkan contoh Mad Arid Lissukun dan Mad Iwad
13. Siswa mampu menguraikan Mad Arid Lissukun dan Mad Iwad
14.Siswa mampu mendeskripsikan Mad Arid Lissukun dan Mad Iwad
15. Siswa mampu membedakan cara membaca Mad Arid Lissukun dan Mad
Iwad
|
Mad atau bacaan panjang
|
Ceramah, Tanya Jawab, Drill
|
1.Membaca Al-Quran dengan fasih dan benar
2.Menerapkan nilai-nilai tajwid pada bacaan Al-Quran
|
White Board, Power Point,
Anggota Badan (Ini belajar visual)
|
1 TM
|
Tugas Kelompok
Tes Tulis
Pengamatan
|
Al-Quran terjemahan
Kaidah Tajwid KH. Imam Zarkasyi
|
16.
17.
18.
19.
|
Mengenali Mad Shilah Qashira dan Mad Shilah Thawilah
Menyebutkan contoh-contoh Mad Shilah Qashira dan Mad Shilah Thawilah
Membaca Mad Shilah Qashira dan Mad Shilah Thawilah
Membedakan bacaan Mad Shilah Qashira dan Mad Shilah Thawilah
|
16.Siswa mampu menyebutkan contoh Mad Shilah Qashira dan Mad Shilah
Thawilah
17. Siswa mampu menguraikan Mad Shilah Qashira dan Mad Shilah
Thawilah
18.Siswa mampu mendeskripsikan Mad Shilah Qashira dan Mad Shilah
Thawilah
19. Siswa mampu membedakan cara membaca Mad Shilah Qashira dan Mad
Shilah Thawilah
|
Mad atau bacaan panjang
|
Ceramah, Tanya Jawab, Drill
|
1.Membaca Al-Quran dengan fasih dan benar
2.Menerapkan nilai-nilai tajwid pada bacaan Al-Quran
|
White Board, Power Point,
Anggota Badan (Ini belajar visual)
|
1 TM
|
Tugas Kelompok
Tes Tulis
Pengamatan
|
Al-Quran terjemahan
Kaidah Tajwid KH. Imam Zarkasyi
|
20.
21.
22.
23.
|
Mengenali Mad Lazim Lazim Harfi’ Musyabba’ dan Harfi Mukhaffaf
Menyebutkan contoh-contoh Mad Lazim Lazim Harfi’ Musyabba’ dan Harfi
Mukhaffaf
Membaca Mad Lazim Lazim Harfi’ Musyabba’ dan Harfi Mukhaffaf
Membedakan bacaan Mad Lazim Lazim Harfi’ Musyabba’ dan Harfi
Mukhaffaf
|
20.Siswa mampu menyebutkan contoh Mad Lazim Lazim Harfi’ Musyabba’
dan Harfi Mukhaffaf
21. Siswa mampu menguraikan Mad Lazim Lazim Harfi’ Musyabba’ dan
Harfi Mukhaffaf
22.Siswa mampu mendeskripsikan Mad Lazim Lazim Harfi’ Musyabba’ dan
Harfi Mukhaffaf
23. Siswa mampu membedakan cara membaca Mad Lazim Lazim Harfi’
Musyabba’ dan Harfi Mukhaffaf
|
Mad atau bacaan panjang
|
Ceramah, Tanya Jawab, Drill
|
1.Membaca Al-Quran dengan fasih dan benar
2.Menerapkan nilai-nilai tajwid pada bacaan Al-Quran
|
White Board, Power Point,
Anggota Badan (Ini belajar visual)
|
1 TM
|
Tugas Kelompok
Tes Tulis
Pengamatan
|
Al-Quran terjemahan
Kaidah Tajwid KH. Imam Zarkasyi
|
24.
25.
26.
27.
|
Mengenali Mad Badal, Mad Tamkien dan Mad Farq
Menyebutkan contoh-contoh Mad Badal, Mad Tamkien dan Mad Farq
Membaca Mad Badal, Mad Tamkien dan Mad Farq
Membedakan bacaan Mad Badal, Mad Tamkien dan Mad Farq
|
24.Siswa mampu menyebutkan contoh Mad Badal, Mad Tamkien dan Mad Farq
25. Siswa mampu menguraikan Mad Badal, Mad Tamkien dan Mad Farq
26.Siswa mampu mendeskripsikan Mad Badal, Mad Tamkien dan Mad Farq
23. Siswa mampu membedakan cara membaca Mad Badal, Mad Tamkien dan
Mad Farq
|
Mad atau bacaan panjang
|
Ceramah, Tanya Jawab, Drill
|
1.Membaca Al-Quran dengan fasih dan benar
2.Menerapkan nilai-nilai tajwid pada bacaan Al-Quran
|
White Board, Power Point,
Anggota Badan (Ini belajar visual)
|
1 TM
|
Tugas Kelompok
Tes Tulis
Pengamatan
|
Al-Quran terjemahan
Kaidah Tajwid KH. Imam Zarkasyi
|
Sliabus Mata Pelajaran
1. Identitas Mata Pelajaran
Nama Mata
Pelajaran: Praktik Ibadah
Semester: Ganjil
Satuan
Pendidikan: Sekolah Menengah Kejuruan 02 Muhammadiyah Malang
Guru Praktikan:
M. Feri Firmansyah
2. Deskripsi
Mata Pelajaran
Mata Pelajaran
ini membahas tentang Ibadah seperti Shalat, tata cara kepengurusan jenazah dan
hokum dalam Al-Quran atau secara umum mempelajari tentang hubungan dengan
Allah.
3. Standar
Kompetensi
Siswa memahami Tata
Cara Shalat
4. Matriks
Pembelajaran
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Nilai Karakter
|
Media
|
Alokasi Waktu
|
Evaluasi
|
Sumber Belajar
|
1.
2.
3.
|
Mempraktikkan Sholat Jum’at
Memperagakan tatacara shalat Jum’at
Mehamami shalat hukum shalat Jum’at
|
1.Siswa mampu mengamalkan shalat Jum’at dalam kehidupan sehari-hari
|
Shalat
|
Ceramah, Tanya Jawab, Simulasi
|
1.Membaca do’a shalat dengan fasih dan benar
2.Menerapkan nilai-nilai moral ketika Shalat
|
White Board, Power Point,
Anggota Badan (Ini belajar visual)
|
1 TM
|
Tugas Kelompok
Tes Tulis
Pengamatan
|
Al-Quran terjemahan
Sifat Shalat Nabi Muhammad saw karangan Syaikh Nashiruddin Al-Bani
|
4.
5.
|
Mempraktikkan Shalat Jenazah
Memahami hukum shalat Jum’at
|
1.Siswa mampu memperagakan tata cara shalat Jum’at
|
Shalat
|
Ceramah, Tanya Jawab, Simulasi
|
1.Membaca do’a shalat dengan fasih dan benar
2.Menerapkan nilai-nilai moral ketika Shalat
|
White Board, Power Point,
Anggota Badan (Ini belajar visual)
|
1 TM
|
Tugas Kelompok
Tes Tulis
Pengamatan
|
Al-Quran terjemahan
Sifat Shalat Nabi Muhammad saw
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Mari kita membaca dengan hati plus mata