4 Agu 2013

Apersepsi

Dikutip dari buku pak Munif Chatib, judulnya Gurunya Manusia

William James, seorang psikolog, pernah membahas apersepsi, menurutnya “Many teachers are inquiring, “What is the meaning of apperception in educational psychology?” The most important idea in educational psychology is apperception. The idea of apperception is making a revolution in educational methods in germany. Now apperception is an axtremely useful word in pedagogics, and offers a convenient name for a process to which every teacher must frequently refer. But it verily means nothing more than act of taking a thing into the mind. It corresponds to nothing peculiar or elementary in psychology, being only of the innumerable results of the psychological process of association of ideas; and psychology itself can easily dispense with the word, useful as it may be in pedagogics.”

Sebenarnya hak mengajar itu ada di tangan siswa, bukan di tangan guru. Apabila siswa rela memberikan hak mengajar tersebut kepada para guru maka ini akan berjalan dengan lancar. Dan cara memperolehnya adalah dengan cara memberikan apersepsi terlebih dahulu dalam kegiatan pembelajaran. Filosofi pentingnya apersepsi adalah karena manusia mahluk pembelajar, sifat dasar manusia untuk memerintah dirinya sendiri.
Kerangka apersepsi;
•    Tumbuhkan adalah aktivitas yang melibat siswa, guru hanya membimbing siswa titu
•    Alami adalah aktivitas memberikan pengalaman kepada siswa dengan memanfaatkan hasrat alami otak untuk menjelajah, usahakan pendidik memiliki pengalaman awal ketika konsep yang berkaitan dengan kehidupan nyata, supaya informasi abstrak menjadi nyata
•    Namai adalah aktivitas penamaan yang memuaskan hasrat alamiah otak untuk memberikan identitas, mengurutkan dan mendefenisikan.
Hal yang dapat kita dapatkan dari AMBAK;
1.    Dapat belajar bagaimana membuat diri ktia termotivasi untuk mencapai tujuan yang telah kita tetapkan
2.    Mengetahui seluk beluk belajar aktif
3.    Meningkatkan kualitas hidup kita
Zona alfa adalah kondisi terbaik untuk belajar siswa. Ada empat cara seorang guru masuk ke dalam zona alfa siswa antara lain; ice breaking, fun story, musik dan brain gym.
Fun story diperoleh dari; pengalaman pribadi, pengalaman orang lain, buku-buku humor dan lain-lain.
Ice breaking, syaratnya;
1.    Dilakukan dalam waktu singkat
2.    Diikuti oleh seluruh siswa
3.    Guru dapat menjelaskan singkat tentang ice breaking itu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata