10 Agu 2013

Biografi Syaikh Muhammad bin Shalih bin Al-Utsaimin

Kutipan MuFe El-Bageloka
 Nama: Abu Abdillah Muhmmad bin Shalih bin Muhammad bin Utsaimin Al-Wahabi At-Tamimi. Beliau lahir di kota Unaizah pada tanggal 27 Ramadhan, 1347 H.
Beliau belajar Al-Quran kepada kakek beliau sendiri dari pihak ibu, yaitu Syaikh Abdurrahman bin Sulaiman Alu Damigh rahimahullah hingga beliau berhasil menghafalnya.
Setelah itu, beliau pergi untuk menuntut ilmu; belajar khat, berhitung dan beberapa ilmu mengenai sastra. Ketika itu, Syaikh Abdurrahman As-Sa'di rahimahullah menunjuk dua orang murid beliau untuk mengajar para siswa yang masih kecil. Keduanya adalah Syaikh Ali Ash-Shalihi dan Syaikh Muhammad bin Abdul Aziz Al-Muthawi rahimahullah. Kepada murid senior inilah beliau belajar kitab Mukhtashar Al-'Aqidah Ath-Thahawiyah karang Syaikh As-Sa'di sendiri, Kitab Minhaj As-Salikin dalam bidang fiqh, yang karangan gurunya sendiri. Beliau belajar kepada Syaikh Abdurrahman bin Ali bin 'Audan mengenai ilmu fara'idh dan fikih.
Beliau juga belajar langsung kepada Syaikh Abdurrahman As'Sa'di sebagai guru pertama beliau tentang tauhid, tafsir, hadist dan fiqih. Pada tahun 1371 H, beliau mulai mengajar di sebuah lembaga pengajaran yang ada di masjid agung. Wafat pada hari rabu, tanggal 15 Syawal 1421 H.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata