27 Agu 2013

Pengajian Sepekan Edisi Kesebelas: Keutamaan Zuhud terhadap Dunia

Oleh MuFe El-Bageloka

Dari Ibnu Umar ra. Beliau berkata; Allah memegang pundakku, jadikanlah engkau di dunia seperti orang asing /orang yang berada dalam perjalanan. Maka ibnu umar setelah mendengar hadist ia mengatakan “Apabila engkau berada waktu pagi janganlah engkau menunggu waktu sore. Apabila engkau berada di waktu sore jangan menunggu waktu pagi dan pergunakanlah waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu dan pergunakanlah waktu hidupmu sebelum datang waktu matimu_QS. Al-Kahfi: 46.

Zuhud terhadap dunia bukanlah mengharam apa yang dihalalkan oleh Allah SWT, bukan juga mengiyakan harta akan tetapi yang namanya zuhud terhadap dunia adalah seseorang itu apa yang ada di tangan Allah lebih dia berharap, dari pada apa yang ada di tangannya sendiri. Tidak ada kematian di dalam neraka dan begitu pula dalam surga.
Apabila engkau ditimpa oleh musibah engkau berharap  mendapatkan ridha Allah SWT. Zuhud adalah engkau tidak berputus asa pada-Nya dan engkau tidak merasa kebahagian ketika engau ditanyai oleh kebahagian karena harta dan anak-anak merupakan perhiasan dunia.
Menurut Sofyan al-Tsauri Zuhud adalah pendeknya angan-angan untuk mencapi kehidupan dunia dan tidak terpengaruh dengan orang-orang yang berlomba-lomba dengan kehidupan dunia ini. Allah SWT menjadikan dunia hanyalah sebagai sawah ladang untuk beramal. Bukanlah yang namanya zuhud memakan makanan yang keras, bukan memakai pakaian compang-camping.
Gambaran hdup Rasulullah SAW; dari Aisyah r.a mengatakan “Tidak pernah keluargamu Muhammad SAW kenyang memakan roti yang terbuat dari gandum dua hari berturut-turut sampai wafat (HR. Imam Muslim).

Chapter 30: Keutamaan mempelajari Syariat Islam
Dari Abu Hurairah r.a (Imam Muslim), Rasulullah SAW bersabda “Tidaklah suatu kaum berkumpul di rumah Allah melainkan akan turun ketengangan, kemenangan dan para malaikat menaungi mereka dan Allah SWT menyebut mereka di sisi mahluknya._Dalam hal belajar syariat Islam.
Kehidupan dunia hanyalah permainan dan senda gurau seperti tanaman yang menakjubkan petani maka Allah akan kuningkan tanaman itu maka hilanglah takjub para petani. _Coba lihat QS. Ashr,
Empat hal yang harus diketahui dalam menuntut ilmu, antara lain;
1.    Ilmu adalah mengenal Allah dan Nabi SAW mengetahui agama Islam beserta dalil-dalilnya
2.    Beramal dengan ilmu yang telah kita dapatkan
3.    Berdakwah
4.    Bersabar dalam menuntut ilmu dan berama
Tujuh golongan akan mendapat naungan Allah SWT, orang pertama diberi pakaian adalah Ibrahim AS. Orang pertama yang menjamu tamu. Hukum membunuh cecak atau tokek adalah sunnah karena binatang ini merupakan binatang yang meniupi ketika nabi Ibrahim AS dibakar. Allah SWT tidak melihat pada bentuk tubuh melainkan melihat pada hatinya. Shalat yang bisa mencegah dari perbuatan keji dan mungkar adalah shalat yang dilakukan dengan ikhlas. Diantara penyakit yang menimpa manusia adalah onani dan yang menjerumuskan kemungkaran film porno. Orang yang paling takut pada Allah adalah orang yang beriman.
Dosa besar adalah dosa yang ada ancaman atau mengantarkan pada laknat Allah SWT atau neraka.
Dosa kecil adalah dosa yang bisa mengantarkan pada dosa besar.
Menurut Ibnu Abbas r.a. tidak ada dosa kecil, kenapa? Karena dosa-dosa kecil yang ditumpuk akan menjadi besar. Apabila kita membaca doa ketika masuk kamar mandi dan membuka pakaian maka jin dari perempuan ataupun sebaliknya tidak akan bisa melihat aurat kita. Tapi sebaliknya jin akan bersenang-senang melihat aurat kita jika kita tidak membaca doa.
Kalau ada berita dari Rasulullah SAW wajib kita terima masuk akal atau tidak masuk akal, karena Nabi SAW berbicara dengan wahyu bukan dengan hawa nafsu. Kebaikan yang paling besar adalah mentauhidkan Allah dan kejelekan yang paling besar adalah syirik kepada Allah. Maksiat itu adalah kesyirikan karena dengan maksiat ia lebih didahulukan hawa nafsu dari pada Allah SWT.
 Berakhlak baik akan menyamakan pahala orang-orang shalat malam dan puasa di siang hari. Zuhud maksudnya mengambil dari dunia ini secukupnya dan tidak meninggalkan harta yang kita miliki. Meninggalkan perkara-perkara yang tidak bermanfaat untuk akhirat. Sabar merupakan suatu perkara dengan menahan dirinya dari hal-hal yang melampui batas. Batas orang sabar tidak terbatas pahalanya. Bentuk sabar, ada tiga jenis
•    Kesabaran atas menaati perintah-perintah Allah SWT, ketika di dalamnya terdapat kesulitan
•    Bersabar dalam menjauhi larangan Allah SWT, larangan itu sangat dicintai oleh hawa nafsu. Kesabaran yang dijanjikan oleh Allah dengan pahala yang begitu besar. Menahan diri dari hawa nafsu penyebab kita terhindar dari musibah kemungkaran
•    Kesabaran atas musibah-musibah yang ditimpakan oleh Allah SWT,
Ujian yang ditimpakan oleh Allah kepada hamba-hambanya sesuai dengan keimanan, “Sesungguhnya orang paling berat ujiannya adalah para nabi, orang yang setia mengikuti nabi baik sebelum ataupun sesudahnya, maka Allah menguji sesuai dengan keimanan maka apabila imannya kuat maka semakin kuat cobaan ini, begitu juga apabila agamanya lemah maka sebatas itu Allah SWT, mengujinya.
Tips;
a)    Menyembunyikan musibah, tidak berkeluh kesah dengan musibah
b)    Menyembunyikan rasa sakit
c)    Menyembunyikan shadaqah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata