16 Agu 2013

Pengajian Sepekan Edisi Keempat; Kajian Seputar Ajaran Islam



Oleh MuFe El-Bageloka

Chapter 13; Anjuran Berakhlak yang Ada dalam Al-Quran
Hadist beliau dari Al-Baroh bin Aziz “Ketika seorang mukmin tidak bisa menjawab pertanyaan dari dua malaikat dan menyerah dari langit bahwa bahwa telah jujur kepada maka berikanlah tempaat tidur dari surga dan pakain dari surge dan bukakan baginya pintu-pintu surge, maka akan diluarkan padangannya sejauh mata memandang”.

Akhlak Rasulullah SAW itu memperbaiki akhlak “Sesungguhnya aku diutus untuk memperbaiki akhlak”.Kita harus membekalkan diri dengan ilmu agama yang sesuai dengan pemahaman Rasulullah SAW, para sahabat dan para tabi’in. berikut ini akhlak yang baik;
a.       Sederhana dalam berpakaian menginfakkan bertanya dengan tidak melebihkan dan tidak pula meremahkan,
b.      Berlomba-lomba dalam kebaikan dengan tujuan mengumpulkan bekal di hari akhirat
c.       Saling tolong menolong dalam kebaikan
d.      Sikap lemah lembut dalam bermuamalah
e.      Mencintai untuk saudara seperti mencintai dirinya sendiri
Penyebab orang masuk neraka;
·         Tidak menjaga percikan air kencing dan tidak menutup diri saat kencing
·         Orang yang berjalan dengan tujuan mengadu domba

Chapter 14; Niat
Hadist Nabi Muhammad SAW; “Sesungguhnya amalan itu tergandung pada niat. Dan seseorang mendapatkan ganjaran sesuai dengan niat….”, Kata Imam Syafi’I hadist ini seperti sepertiga agama Islam, karena banyak faedah yang kita dapatkan dari hadist. Masalah amalan syaratnya membutuhkan niat seperti amalan ketaatan, amalan mubahat (amalan-amalan mubah) dan amalan ma’atsi (amalan maksiat). Kemaksiatan ini tidak akan merubah sama sekali pelakunya menjadi kebaikan dan tidak akan mendapatkan pahala di sisi Allah.

Chapter 15; Manfaat shalat
Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. Dan shalat merupakan rukun islam yang paling kuat setelah syahadat. Bagi seseorang yang meninggalkan shalat maka akan terancam keislamannya.
Fungsi Shalat;
·         Paling afdhal dalam Islam
·         Tali penghalang hamba dengan Allah SWT; tidak pantas kita bermain-main dalam shalat
·         Munajat kita dengan Allah
·         Shalat merupakan pengagungan untuk Allah SWT, dalam sujud serta tempat yang paling dekat dengan Allah SWT,
Allahu Akbar; menandakan Allah maha besar dan langit diletak di tangan Allah SWT. Dia meletakkan segala sesuatu bak biji dzarrah. Sabda Rasulullah SAW “Amalan pertama yang pertama kali dihisab di hari kiamat adalah shalat baik diterima oleh Allah maka amalan lain juga diterima oleh Allah SWT, apabila amalan shalat kita jelek maka amalan yang lain juga ikut jelek”
Cara ruku’ ; meletakkan tangan di atas lutut dan menggenggamnya, jauhkan siku dengan badan, punggung lurus dengan badan.
I’tidal= mengangkat diri dari ruku’ sambil mengangkat kedua tangan dengan mengucapkan sami’ Allahu liman hamidah. Doa dibaca sambil bergerak.
Sujud; tanpa mengangkat, mendahulukan tangan kemudian wajah, kening dan hidung. Tangan jauhkan dari kedua lambung dan siku tidak pula menyentuh tanah. Tangan diletakkan sejajar dengan bahu dan telinga, ujung tangan / ujung jari kaki menghadap kiblat. Ujung jari diluruskan menghadap kiblat. Amalan shaleh adalah amalan yang dikerjakan dengan ikhlas dan ada tuntunan can contoh dari Rasulullah SAW.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata