14 Agu 2013

Pengajian Sepekan Edisi Kedua; Persoalan Seputar Ajaran Islam

Oleh MuFe El-Bageloka

Chapter 10; Tips dalam Menghafal Quran
  1. Kejujuran
  2. Semangat dalam menghafal karena Allah
  3. Tidak Munafik
  4. Manajemen waktu
Orang munafik lebih jelek dari pada orang kafir. Karena orang munafik menyembunyikan kekafirannya. Islam itu maknanya menyerahkan diri kepada Allah dengan bertauhid. Diantara Allah tidak memperhatikan dirimu yakni ketika kamu dibiarkan mengucapkan kata-kata yang tidak bermanfaat. Sabda Rasulullah saw "Celakalah bagi orang-orang yang mengucapkan kata-kata dusta yang menyebabkan orang tertawa"
Menurut ulama "Diam itu hikmah, tetapi sedikit orang yang melakukannya
Islam = tunduk dengan mengerjakan ketaatan kepada Allah dan berlepas diri dari kesyirikan.

Chapter 11; Ahlak yang baik
Tidak ada sesuatu yang penting berat yaitu akhlak
Keutamaan Akhlak, antara lain;
  • Merupakan suatu sebab masuknya mukmin ke surga
  • Salah satu amalan yang paling berat timbangannya di yaumul hisab
  • Merupakan salah satu risalah yang penting dalam agama
 Sabda Rasulullah SAW; seseorang bertanya; Apa itu kebaikan dan apa itu dosa?" beliau menjawab "Kebaikan itu adalah akhlak mulia (khusnul khuluk) dan dosa itu cemas, timbul rasa ketakutan, takut sampai diketahui oleh manusia dan engkau benci sampai orang melihatnya"
Sumber akhlak itu sendiri adalah fitrah (sifat bawaan manusia), dan telah dijelaskan oleh Al-Quran akan meninggalkan sifat baik itu sendiri yang pada awaalnya sifat manusia itu baik.
Cara kita bersyukur yakni dengan cara mengamalkan jalan kebaikan itu sendiri, sedangkan kufur yakni kita menempuh jalan kejelekan itu sendiri. Akhlak yang baik itu dikotori oleh masyarakat itu sendiri jadi masyarakat itu berperan penting dalam pembentukan akhlak. Orang berbuat dosa tak pantas dikasihani.
Fungsi niat;
  1. Membedakan ibadah dengan istiadat
  2. Tolak ukur amalan kita
Kalau berdasarkan kebiasaan tidak akan mendapatkan pahala di sisi Allah SWT. Sabda Rasulullah SAW "Sesungguhnya Allah menitipkan manusia telah lurus kemudian datang syaitan menggelincirkan manusia itu dan membisikkan kejelekan-kejelekan"
Akhlak itu harus dipahami dan disirami dengan ilmu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata