8 Agu 2013

Biografi Imam Ibnu Daqiq Al-'Id

Dikutip secara ringkasan dari kitab Tadzkirah Al-Huffadz

Beliau adalah seorang imam ahli fikih, mujtahid dan ahli hadist yang bergelar Al-Hafidz Al-'Allahmah Syaikhul Islam Taqiyuddin Abu Al-Fath Muhammad bin Ali bin Wahb Muthi' Al-Qusyairi Al-Manfaluthi Ash-Sha'di Al-Maliki Asy-Syafi'i yang memiliki banyak karangan.

Beliau dilahirkan pada bula Sya'ban tahun 625 H, dekat Yanba' termasuk wilayah Hijaz. Beliau belajar dari Ibnu Al-Muqirah dan mengambil dari Ibnu Al-Jumaizi, Sabth As-Salafi dan Al-Hafidz Zakiyuddin. Sedangkan di Damaskus beliau belajar dari Ibnu Abdid Da'im dan Abu Al-Baqa' Khalid bin Yusuf.
Beliau menyusun kitab Syarh Al-'Umdah, kitab Al-Ilmam fi Al-Ahkam, yang jika penyusunannya ini selesai, akab berisi lima belas jilid kitab. Beliau juga mengarang kitab ilmu hadist. Beliau adalah salah seorang ulama yang paling jenius di zamannya, luas ilmunya dan banyak karya yang dihasilkannya. Beliau jarang tidur karena selalu sibuk dengan ilmu dan amal. Beliau juga orang yang tenang, berwibawa dan wara'. Jarang sekali mata yang bisa melihat orang semisal beliau.
Beliau menguasai betul masalah ushul maupu logika serta mempunyai pengalaman mengenai kelemahan. Beliau menjabat sebagai qadhi di Mesir selama bertahun-tahun hingga beliau meninggal. Beliau adalah seorang yang terlalu khawatir dan sangat berhati-hati dalam masalah Thaharah (bersuci) dan air.
Al-Hafizh Qurthbuddin berkata "Syaikh Taqiyuddin adalah seorang imam pada zamannya dan salah seorang yang sangat menonjol dalam bidang ilmu dan kezuhudan dibandingkan dengan ulama-ulama yang lain yang sekaliber beliau. Beliau sangat ahli dalam masalah madzhab, menjadi panutan dalam bidang ushul, seorang hafizh dalam bidang hadist dan berbagai cabang ilmu hadist serta menjadi rujukan dalam bidang ini. Beliau juga menjadi lambang dalam bidang hafalan, ketekunan dan penelitian. Beliau juga adalah orang yang sangat takut kepada Allah, senantiasa berdzikir dan hanya sedikit sekali tidurnya. Waktu beliau hanya dipakai antara menelaah ilmu, membaca, berdzikir dan tahajjud sehingga tidak tidur malam sudah menjadi kebiasaan beliau. Seluruh waktu yang beliau miliki sangat berguna karena banyak beliau curahkan kepada penuntut ilmu. Beliau sangat penyayang kepada mereka"
Wafat pada tahun 702 H.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata