8 Agu 2013

Biografi Syaikh Abdurrahman An-Nashir As-Sa'di

Dikutip dari Kitab Jawami' Al-Akhbar.

Nama: Syaikh Abu Abdillah Abdurrahman bin Nashir Bin Abdillah bin Nashir, keluarga Sa'di yang berasal dari kabila Bani Tamim. Beliau dilahirkan di kota Unaizah, termasuk Distrik Qashim, pada tanggal 12 Muharram, 1307 H. Sang ibu telah meninggal ketika beliau masih kecil, baru berusia empat tahun, sedang sang ayah juga meninggal ketika beliau berumur tujuh tahun.

Beliau belajar Al-Quran langsung setelah ayah beliau meninggal. Beliau berhasil menghafalnya di luar kepala berikut tajwid-nya ketika beliau belum sampai usia sebelas tahun. Selanjutnya, beliau terus sibuk belajar dan menuntut ilmu dari berbagai ulama negeri beliau, juga kepada para ulama yang sengaja datang ke negeri beliau ini.
Ketika berusia dua puluh tiga tahun, beliau mulai mengajar di samping terus belajar. Beliau menghabiskan seluruh waktu yang beliau miliki ketika itu. Sehingga, pada tahun 1350 H, seluruh pengajaran di negeri beliau ketika itu merujuk pada beliau. Beliau pun akhirnya menjadi acuan bagi seluruh penuntut ilmu.

Guru-Gurunya;
  1. Syaikh Ibrahim Muhammad bin Hasir
  2. Syaikh Muhammad bin Abdul Karim Asy-Syil
  3. Syaikh Shalih bin Utsman Al-Qadhi (Qadhi kota Unaizah)
  4. Syaikh Asy-Syanqithi
Karya-karya beliau;
  1. Tafsir Al-Quran (delapan jilid)
  2. Hasyiyah Fiqhiyah
  3. Al-Irsyad 'ala As-Su'al wa Al-Jawab,
  4. dll
 Beliau sakit dan meninggal pada tanggal 22 Jumadats tsaniyah 1376 H.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata