UJIAN
TENGAH SEMESTER
MK.
MEDIA PEMBELAJARAN PAI 2
PRODI.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAI-UMM
Jjawablah pertanyaan
berikut ini!
|
|
|
|
Buatlah
analisis media yang, menurut Anda,
bisa dimanfaatkan secara efektif untuk pembelajaran PAI dan sertakan
penjelasannya! (Anda boleh mengikuti contoh table di bawah ini:)
|
|
NAMA : MANSYUR KAHRUDIN
NIM : 09110044
NO.
|
JENIS
MEDIA
|
TIPE MATERI YG DIAJARKAN
|
KARAKTERISTIK
SISWA
|
KELEBIHAN
& KEKURANGAN
|
1.
|
Power point
|
Konsep,
Contoh:
pengertian zakat mal dan zakat
fitrah
|
MAN Model
kupang kelas I,
Umur siswa 16 tahun
Gaya
belajar: visual
|
Kelebihan: bentuknya
sederhana,
menarik perhatian, praktis dan sistematis.
Kekurangan: jika LCD
tidak bisa beroperasi, tidak dapat menjangkau dalam kelompok besar, hanya menekankan persepsi indra penglihatan saja
|
2.
|
Papan
tulis
|
fakta,
Contoh: Sejarah nabi Muhammad
|
MAN Model kupang kelas II, Umur siswa 17 tahun
Gaya
belajar: visual
|
Kelebihan: materi
mudah di mengerti, dapat menjangkau dalam kelompok besar, siswa lebih fokus,
Kekurangan: siswa cenderung ke
ranah afektif, dan kurang konsentrasi dalam pembelajaran.
|
3.
|
Video
|
Prosedural,
Contoh,praktek tata cara berwudlu’
|
MAN Model kupang kelas III, Umur 18 tahun
Gaya
belajar: visual
|
Kelebihan: simple,
menarik perhatian siswa, mudah di mengerti oleh siswa, Keterbatasan ruang dan waktu, tanpa memerlukan
peralatan khusus dan mudah
Kekurangan: tidak
dapat menjangkau dalam kelompok besar
,
karena membutuhkan alat-alat yang mendukung terhadap terrealisasinya
pembelajaran. Seperti LCD, dan layar proyektor
|
4.
|
Poster (gambar peraga yg berkaitan dengan praktek
gerakan dalam shalat)
|
Prosedural,
Contoh:
praktek gerakan dalam shalat
|
SDN 1 Flores kelas II, umur siswa 7 tahun, Gay belajar:
visual
|
Kelebihan:
simple, menarik perhatian
siswa, dengan adanya gambar atau poster gerakan dalam shalat siswa mudah
memahami,
Kekurangan: sulit
dijangkau oleh siswa, praktek shalatnya kurang maksimal, siswa kurang
konsentrasi
|
5.
|
Papan tulis
|
prinsip
Contoh: rukun
iman itu ada enam.
|
SDN 1 Flores kelas II, umur siswa 8 tahun, Gay belajar:
visual
|
Kelebihan:
tampilannya sederhana, muda dijangkau oleh semua siswa, dan bisa dibaca
oleh semua siswa.
Kekuranagn: kurang
maksimal, karena semua siswa belum tentu bisa baca al-Qur’an, sebaiknya
dibacakan gurunya kemudian ditiru oleh siswa dan lebih simple.
|
PETUNJUK JAWABAN:
(a) Jawaban Anda diterima paling lambat Sabtu, 21 April 2012, pukul
24.00;
(b) jawaban diketik komputer, singkat padat mengena,
1 spasi, marjin 4cm (atas& kiri) dan 3cm (bawah & kanan);
Malang,
16
April 2012,
Saiful
Amien
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Mari kita membaca dengan hati plus mata