21 Jun 2013

Menguak Perjuangandan Cinta Dahlan Iskan


Oleh MuFe El-Bageloka 
Kharisn Pabhicara

Judul: SuratDahlan
Penulis: KharisnaPabichara
Penerbit: Noura Books
TahunTerbit: Januari 2013, 396 hal.
Peresensi: MuFe El-Bageloka


Dahlan yang jauh…
Takada yang tahu bagai mana rindu ini mendatangiku setiap waktu.Sebabkamu, kenangan yang tidak meminta saputangan, setiap air mata mengingatmu. Sedangaku, ingatan yang sepenuhnyakamu…. (hal.30)

Dahlan yang Kurindukan
Bulan demi bulan berlalu.Tanpa terasa kita memasuki tahun ketiga perpisahan kita.Beberapahari lalu, sewaktu kuliah kulibur, aku berkunjung setiap hari kepesantren Takeran, semacam pelisiran buat menjenguk kenangan…… (hal.56).

Inilah potongan kalimat yang dikutip dari surat Aisha dengan maksud diberikan kepada Dahlan, sebagai sebuah ungkapan rasa cinta yang mendalam kepada sang pujaan hati. Momen inilah yang coba disajikan dalam novel Surat Dahlan karya Khrisna Pabchara, yakni perjuangan dan kisah cinta Dahlan Iskan.
Siapa yang tidak tahu Dahlan Iskan, menteri BUMN yang berperilaku nyentrik dancenderung blak-blakkan.Namun banyak yang tidak tahu sosok sebenarnya dari Dahlan Iskan itu sendiri di samping gayanya yang selalu nyentrik.Melalui novel ini, Khrisna Pabichara berhasil menguak kisah hidup Dahlan Iskan dengan detail, mulai dari perjuangannya dalam mencapai sebuah kesuksesan hingga liku-liku kisah cintanya yang rumit. Selain itu novel ini juga berhasil menyampaikan pesan moral kepada pembacanya, bahwa kesuksesan itu bisa diraih apabila kita mau bekerja keras dan mempunyai tekad yang kuat, inilah yang ada pada diri Dahlan Iskan.
Novel Surat Dahlan merupakan novel yang mengulas kehidupan Dahlan Iskan waktu merantaua di Samarinda. Saatitu, dia memulai karier pertama kali sebagai seorangjurnalis di Mimbar Masyarakat bersama Sayyid yang merekrutnya, Dahlan mempunyai tekad kuat sehingga berhasil menjadi seorang jurnalis yang disegani hingga sekarang.Salah satu bukti bahwa Dahlan Iskan itu orang yang berkemauan keras sebagaimana yang digambarkan dalam novel ini yakni ketika dia membujuk teman-temannya untuk memproteskebijakan Pak Rahim bahwa mahasiswa itu harus pakai kemeja dan tidak boleh memakai kaos ketika pembelajaran berlangsung dan usaha yang diagalang ini berhasil sehingga dia langsung mendapat teguran dari MbakAtun, kakakkandungnya.
Melalui novel ini, Khrisna Pabichara mengajak pembacanya untuk terjun langsung merasakan pahitnya perjuangan Dahlan Iskan untuk mencapai kesuksesan, karena sebuah kesuksesan itu akan datang manakala kita sugguh-sunggu hmeraihnya. Kisah ini senada dengan firman Allah swt, “Sesungguhnya sesudah kesulitan pasti ada kemudahan, dan bersama kesulitan pula terselipkesuksesan” (QS. Al-Insyirah [94]: 5-6). Ayat inilah yang diimplementasikan oleh Dahlan Iskan dalam mencapai mimpinya.
Novel Surat Dahlan merupakan novel yang penting untuk dibaca oleh anak bangsa.Karena dalam novel ini begitu banyak inspirasi yang dapat diambil dalam pribadi Dahlan Iskan yang mana dia tidak mengenal kata menyerah sebelum apa yang dia impikan dapat tercapai.Selain itu novel inijuga kaya akan hikmah dan pesan moral yang patut dijadikan tauladan bagipembacanya maupun anakbangsa dalam mengarungi kerasnya hidup di dunia ini dalam berusaha atau berikhtiar untuk menjadi orang sukses.
Cuma yang menjadi titik lemahnya adalah novel ini masih kurang menampilkan kisah romantis Dahlan Iskan bersama isterinya, seharusnya probelama rumah tangga ataupun yang berkaitan dengan cintanya Dahlan Iskan diangkaat juga, karena menurut saya itu menjadi nilai tambah.

ProfilPeresensi
Nama: M.FeriFirmansyah
Fak/Jur: Fakultas Agama Islam/ Tarbiyah
HP: 087 863 995 848
Email: feri.firmansyah60@yahoo.com
Website: www.ferigramesa.blogspot.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata