28 Jan 2014

SKRIPSI ANALISIS METODE PEMBELJARAN K.H. AHMAD DAHLAN DALAM NOVEL SANG PENCERAH KARYA AKMAL NASERY BASRAL





Oleh:

M. FeriFirmansyah
NIM. 09110029





 


                                                                                                              


UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
FAKULTAS AGAMA ISLAM
JURUSAN TARBIYAH
2013



LEMBAR PERSETUJUAN



ANALISIS METODE PEMBELAJARAN K.H. AHMAD DAHLAN DALAM NOVEL SANG PENCERAH KARYA AKMAL NASERY BASRAL



SKRIPSI



Oleh:




M. FERI FIRMANSYAH
Nim. 09110029






Disetujui oleh
Dosen Pembimbing

Pembimbing I                                                                                      Pembimbing II






Drs. Faridi, M. Si                                                                   Drs. Agus Purwadi, M. Si











Motto


Hidupku adalah WC Inspirasiku
By MuFe El-Bageloka





















Persembahan:
1.  Karyainiku persembahkan untuk Bapakku (Jufri Ahmad) dan Emakku (Mahni) yang selalu mendukungku
2.Adik-adikku; Fira, Furi danFauzan.
3.                        ZainalAbidin Al-Tepali
4.                       Kak Ramedan yang selalu memberiku motivasi setiap kali aku tidak semangat
5.                        Ustadz Ali Wafa yang selalu mengajarkanku Quran








Suratpernyataan

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                                                 : M. Feri Firmansyah
NIM                                                 : 09110029
Tempat/ Tgl. Lahir                           : Bageloka, 2 Desember 1989
Fak./Jurusan                                   : Agama Islam /Tarbiyah
Menyatakan bahwaTugas Akhir yang berjudul “ANALISIS METODE PEMBELAJARAN K.H. AHMAD DAHLAN DALAM NOVEL SANG PENCERAH KARYA AKMAL NASERY BASRAL”  adalah bukan karya tulis orang lain, baik sebagian maupun dalam bentuk keseluruhan, kecuali dalam bentuk kutipan yang telah kami sebutkan sumbernya.
Demikian surat pernyataan ini kami buat dengan sebenar-benarnyadan apabila ini tidak benar, kami bersedia mendapat sanksi akademis.






Malang, 20 Oktober 2013
MahasiswaYbs.,,,,



M. Feri Firmansyah


Abstrak


Nama                                 : M. FeriFirmansyah
Tempat, tanggal lahir       : Bageloka, 2 Desember 1989
NIM                                  : 09110029
Fakultas                           : Agama Islam
Jurusan                              : Tarbiyah
JudulSkripsi             : Analasis Metode Pembelajaran K.H. Ahmad Dahlan dalamNovel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral

Kata Kunci:
Metode dan Novel

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran yang diimplementasikan oleh KH.Ahmad Dahlan dalam Novel Sang Pencerah. Sedangkan rumusan masalah yang hendak dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana metode pembelajaran yang diimplementasikan oleh K.H. Ahmad Dahlan dalam Novel Sang Pencerah.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah studi pustaka (Library Research) dengan subjek penelitian adalah teks-teks sastra dalam novel Sang Pencerah. Adapun teks-teks sastra yang menjadi subjek penelitian yakni teks-teks yang mengandung nilai-nilai metode pembelajaran yang diterapkan oleh K.H. Ahmad Dahlan. Pengumpulan data dilakukan melalui indentifikasi teks-teks sastra dalam novel Sang Pencerah yang mengandung nilai-nilai metode pembelajaran. Sedangkan model analisis datanya menggunakan model analisis isi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa K.H. Ahmad Dahlan dalam mendidik peserta didiknya sebagaimana yang tertera dalam novel Sang Pencerah dengan menggunakan metode-metode berikut ini: 1). Metode ceramaah atau nasehat; 2). Tanya Jawab; 3). Analogi (Perumpamaan); 4). Reward dan Punishment; 5). Quantum Learning (Teaching); 6). Praktik; 7). Problem Solving.








Kata Pengantar

Teriring rasa syukur atas kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan karunia-Nya, sehingga kami mampu menyelesaikan skripsi ini dengan segenapketerbatasan yang kami miliki. Shalawat serta salam semoga selalu kami haturkan pada tauladan sepanjang zaman Nabi Muhammad SAW yang telah membimbing kami dalam kebenaran serta kesabaran.
Penulisan skripsi dengan Judul “ANALISIS METODE PEMBELAJARAN K.H. AHMAD DAHLAN DALAM NOVEL SANG PENCERAH KARYA AKMAL NASERY BASRAL”, adalah karya akhir yang harus dituntaskan sebagai kenangan dan jejak belajar kami di JurusanTarbiyah Fakultas Agama Islam Universitas.
Sebagaimanusia yang memiliki serba keterbatasan dan selalu berinteraksi dengan sesama, maka patut kiranya kami haturkan matur nuwun kepada pihak-pihak terkait yang telah membantu dalam penyelesaian skripsi ini, diantaranya sebagai berikut:
1.      UniversitasMuhammadiyah Malang (UMM), selalku almamater yang telah memberikan kesempatan untuk belajar di JurusanTarbiyah Fakultas Agama Islam.
2.      Dr. Muhajir Effendi, M. AP selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Malang serta para pembantuRektor I, II dan III.
3.      Drs. Faridi, M. Si selaku Dekan Fakultas Agama Islam, terima kasih atas segala perhatian, motivasi, bimbingan dan arahan yang bapak berikan kepada kami.
4.      Drs. Faridi, M. Si dan Drs. AgusPurwadi M. Si, yang selalu membimbingku dengan ikhlas dan sabar tanpa kenal rasa lelah yang walaupun terkadang terdapat rasa malas melanda hatiku yang tiada terkira, semoga Allah membalas kebaikan anda berdua.
5.      Bapakku dan Emakku, kalian ibarat pelita yang selalu mendukung dan menyayangiku, aku selalu rindu kalian berdua.
6.      Dra. Romlah, M. Ag selaku dosen wali yang tidak pernah lelah selalu mengingatkan kami segala berbagaimacammotivasibeliau agar kami cepat menyelesaikan skripsi ini.
7.      Zainal Abidin, yang mempunyai andil besar dalam penyelesaian skripsi ini dan senantiasa selalu memberikan dukungan moril dan motivasi dikala kami malas bahkan meminjamkan laptopnya ini demi kelancaran skripsi yang kami garap ini.
8.      Kepada sahabat-sahabatku; Achmad Ferry, Hajier, Makruf, Kribo, Ahmad dan Izuel yang selalu perhatian kepadaku.
9.      Ustadz Faisal Salim, Kak Badarruddin, Mas Sahran, Kak Ramedan dan Ustadz Jama’an yang selalu memberikanku motivasi dalam setiap masalah yang kuhadapi ini.
10.  Teman-teman seperjuanganku, anak-anak Tarbiyah yang selalu mensupport dikala aku susah maupun senang. Aku bangga bisa bertemu dengan kalian.
11.  Kepada Takmir Masjid Al-Maun Sengkaling yang telah memberikanku tempat tinggal selama di Malang ini.
Kami menyadari bahwa skripsi ini jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, kami menyampaikan terima kasih atas kritik dan saran yang diberikan dalam rangka perbaikan dan penyempurnaan skripsi ini. Akhirnya, semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi semua pihak dan menjadi amal di hadapan Allah SWT. Amien.

Malang, 21 Oktober 2013
Penulis


                                                                    M. Feri Firmansyah





DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL…………………………………………………………………i
LEMBAR PERSETUJUAN………………………………………………………...ii
LEMBAR PENGESAHAN…………………………………………………………iii
MOTTO……………………………………………………………………………...iv
PERSESEMBAHAN………………………………………………………………..v
SURAT PERNYATAAN…………………………………………………………...vi
ABSTRAK…………………………………………………………………………..vii
KATA PENGANTAR……………………………………………………………..viii
PEDOMAN TRANSILITERASI…………………………………………………..xi
DAFTAR ISI………………………………………………………………………..xii

BAB I : PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG MASALAH……………………………………1
B.     RUMUSAN MASALAH………………………………………………5
C.     BATASAN MASALAH……………………………………………….5
D.    TUJUAN PENELITIAN……………………………………………….7
E.     MANFAAT PENELITIAN…………………………………………….7
F.      PENGERTIAN ISTILAH………………………………………………8
G.    PENELETIAN TERDAHULU…………………………………………9
H.    SISTEMATIKA PEMBAHASAN…………………………………….10

BAB II : TINJAUAN PUSTAKA
A.    TINJAUAN UMUM TENTANG METODOLOGI
1.      Pengertian metode…………………………………………………12
2.      Hubungan Metode dengan Didaktik………………………………14
3.      Landasan Pembelajaran menurut Perspektif Islam……………….15
4.      Klasifikasi Metode Pembelajaran………………………………….19
a.       Cooperative Learning…………………………………………..25
b.      Quantum Learning/ Teaching………………………………….26
c.       Inquiri…………………………………………………………..28

B.     NOVEL
1.      Pengertian Novel……………………………………………………30
2.      Macam-Macam Novel………………………………………………32
3.      Unsur Novel………………………………………………………...35
a.       Unsur Intrinsik Novel………………………………………….35
b.      Unsur Ekstrinsik Novel………………………………………..43
c.       Ciri-Ciri Novel…………………………………………………44

BAB III : METODOLOGI PENELITIAN
A.    METODOLOGI PENELITIAN………………………………………47
1.      Pendekatan Metode Penelitian……………………………………47
2.      Sumber Data………………………………………………………48
3.      Teknik Pengumpulan Data……………………………………….48
4.      TeknikAnalisa Data………………………………………………49

BAB IV : PEMBAHASAN
A.    DESKRIPSI NOVEL…………………………………………………53
1.      Biografi Pengarang………………………………………………..53
2.      Biografi K.H. Ahmad Dahlan……………………………………54

B.     METODE-METODE PEMBELAJARAN K.H. AHMAD DAHLAN KETIKA MENGAJARKAN PESERTA DIDIKNYA........................58
1.      Ceramah /Nasehat…………………………………………………58
2.      Tanya Jawab………………………………………………………58
3.      Analogi…………………………………………………………….58
4.      Reward danPunishment…………………………………………...62
5.      Quantum LearningatauTeaching…………………………………62
6.      Praktik /Demonstrasi……………………………………………..65
7.      Problem Solving…………………………………………………...65

C.     ANALISIS HASIL PEMBELAJARAN K.H. AHMAD DAHLAN DALAM NOVEL SANG PENCERAH……………………………….68
1.      Ceramah /Nasehat………………………………………………….68
2.      Tanya Jawab……………………………………………………….72
3.      Analogi……………………………………………………………..76
4.      Quantum LearningatauTeaching…………………………………..80
5.      Reward dan Punishment……………………………………………85
6.      Praktik /Demonstrasi………………………………………………88
7.      Problem Solving…………………………………………………….91

BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN
A.    KESIMPULAN…………………………………………………………97
B.     SARAN…………………………………………………………………98

DAFTAR PUSTAKA..........................................................................................99

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata