27 Nov 2012

Metode Kucing Menjadi Pemburu Hebat

Oleh M. Feri Firmansyah
 
Kucing adalah binatang imut dan manis. Tapi tahukah anda bahwa Kucing itu menyimpan makna pembelajaran dan pendidikan yang sangat penting untuk kita kaji. Berikut ini akan dipaparkan oleh penulis:


a. Pembelajaran Awal yakni bermain
Induk Kucing tidak membolehkan anak-anaknya untuk berburu, terlebih dahulu mereka diberi kebebasan untuk bermain, entah itu bermain dengan benda mati ataupun dengan ekor induknya sendiri. Ini bertujuan untuk melatih ketangkasan si Kucing kecil dalam berburu

b. Pengenalan awal berburu Awal
Di sini induk Kucing memberikan Buruannya yang sudah lemas namun masih bisa berlari. Ketika buruannya lepas dan tidak bisa ditangkap si Induk menangkapnya kemudian diberikan kepada Kucing kecil. Ini dilakukan sampai Kucing kecil bisa dan mahir.

c. Pembimbingan alam liar
Ketika terjun ke alam liar, Kucing kecil masih ditemani oleh Induknya. Mereka diberik kebebasan untuk memburu apa saja, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Di sinilah ujian terakhir untuk si kucing kecil dalam berburu.

Hikmah yang dapat dipetik adalah pembelajaran pada peserta didik itu bertahap, tidak bisa frontal atau instan. Dalam mengajar seorang pendidik juga diperlukan kesabaran untuk mendidik anaknya, salah satu metode yang pas untuk mendidik adalah bermain cuma masih dalam koridor pengawasan pendidik itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata