2 Mar 2014

Perbedaan Novel Timur Tengah dan Novel Barat

Oleh MuFe El-Bageloka

Ketika saya membaca novel terjemahan dari Timur Tengah dan Terjemahan dari Barat ada beberapa perbedaan mencolok dan memiliki karater yang khas jika ditinjau dari beberapa aspek,

1. Dari segi isi, Novel yang dari timur tengah isinya lebih bernuansi islami sedangkan dari Barat bernuansa liberal. Artinya Novel dari barat cenderung bebas dengan mengutamakan nilai-nilai filsafat.
2. Dari segi bahasa, kebanyakan novel dari Timur Tengah memiliki gaya bahasa yang mendayu-dayu, ini dikarenakan para sastrawan dari Timur Tengah terpengaruh dari Syair-Syair arab klasik yang terkenal dengan gaya bahasanya yang tinggi. Sedangkan Novel dari Barat memiliki gaya bahasa to the poin (langsung menggambarkan keadaan yang terjadi).
4. Plot cerita, sebagian novel dari Timur Tengah itu memiliki plot cerita longgar sedangkan Novel dari Barat memiliki plot cerita padat.
5. Pada novel percintaan, subtansi dari novel Timur Tengah tentang hubungan intim (seks) antara pria dan wanita lebih disamarkan bahkan tidak dijelaskan secara detail. Sedangkan dari Barat kebalikannya. Contoh Novel Laila Majnun, Magdalena VS Magdalen, Pope Joan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata