23 Mar 2014

Yasin Paru-Paru Quran?

Oleh Sangaji EM

MENJAWAB PERTANYAAN JAMAAH BAHWA SURAT YASIN ITU JANTUNGNYA AL QUR'AN !!!! KALAU BEGITU DIMANA ITU PARU-PARUNYA ALQUR'AN ? HE HE

Topik pengajian saya di Pengajian Ahad Pagi, Masjid Alhuda kota Lumajang, 23 Maret 2014 adalah: Memperlakukan Qur'an Secara benar sesuai dengan tuntunan Allah dalam Qur'an.

Bahwa tujuan diturunkannya Al Qur'an itu adalah menjadi petunjuk bagi manusia, juga petunjuk bagi
orang-orang yang bertaqwa. Sebagaimana Allah berfirman dalam Al Qur'an dalam surah Albaqaroh ayat 2, bahwa Isi Qur'an itu benar sengaja Allah menurunkan untuk menjadi petunjuk bagi manusia. Di Samping di ayat lain dalam surah albaqaroh 185, Allah menyatakan: (beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Dari kedua ayat ini kita mendapatkan kesimpulannya bahwa Qur'an itu diturunkan Allah sebagai petunjuk bagi manusia dan bagi orang yang bertaqwa. Konsekwensi logis dari Qur,an menjadi petunjuk ini maka kita harus:

1. Bisa membaca, memahami dan mempraktekkan isi Qur'an
2. Qur'an tidak boleh dijadikan sebagai kitab primbon atau kitab perdukunan
3. Tidak boleh mengistimewakan surah tertentu dalam Qur'an untuk dibaca, seperti mengistimewakan surah Yasin atau surah waqiah, karena niatnya sudah melenceng, seolah-olah surah Yasin dan Surah waqiah dapat memberi syafaat kepada manusia. pada hal yang berhak memberi syafaat itu hanya Allah SWT
4. Qur'an itu isinya meliputi, ajaran Tauhid, Sejarah hidup umat dimasa lalu, masalah hukum, masalah muamalah, masalah kehidupan di akhirat dan berisi pula informasi tentang ilmu pengetahuan. Yang menurut Prof. Dr. Quraish shihab hampir 70 % Qur'an berbicara tentang ilmu pengetahuan, tapi para mubaligh kita malas mengkajinya. yang dikaji hanya disekitar Halal haram. surga neraka dlll.

Setelah selesai Ceramah ada tanggapan yang menarik dari seorang jamaah,

Ustazd surah Yasin itu istimewa karena surah yasin ini merupakan "Jantung Al Qur'an". Hal ini saya dengar dari ustazd dan Kyai saya

Saya menjawab Saya belum menemukan hadist yang menyatakan bahwa surah yasin itu Jantungnya Al Qur'an.

Kalau surah Alfatihah itu ummul Qur'an, ya benar. Karena menurut para ulama karena isinya merupakan kesimpulan dari isi Qur'an. Tapi kalau surah Yasin jantung Qur'an saya belum mendapat hadistnya. Saya kuatir kalau saya menjawab "Ya" bahwa surah yasin itu Jantungnya Al Qur'an maka nanti bisa muncul pertanyaan baru dari jamaah, kalau begitu mana itu paru-parunya Al Qur'an ?, mana itu otaknya Al Qur'an ?, mana itu matanya Al Qur'an ?, mana itu kaki dan tangannya Al Qur'an ? kan gawat he he he.

Saya lalu memberikan alamat email saya dan nomor HP saya, sambil berpesan kalau antum mendapat ada hadist yang shoheh yang menyatakan surah yasin itu jantungnya Qur'an maka tolong saya diinformasikan ya he he he.

Wallahu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata