30 Mar 2014

Sosiologi Pendidikan


Sosiologi
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara macam-macam gejala sosial, antara gejala sosial dengan gejala non sosial dan ciri-ciri umum semua jenis gejala sosial. (Sorokin. 1990: 20).


Sosiologi Pendidikan, adalah analisi sosiologis proses-proses social dalam pengelolaan lembaga pendidikan dan pembelajaran.
_Aplikasi prinsip-prinsip umum dan penemuan sosiologi bagi pengelolaan proses pendidikan.
_Suatu analisis terhadap proses-proses sosiologis yang berlangsng dalam pendidikan.

Lahirnya Sosiologi Pendidikan
_Terjadinya cultural lag (ketimpangan budaya) sebagai akibat dari perubahan social yang cepat dan progressive. Kecilnya peran lembaga pendidikan dalam penyiapan anak didik untuk dapat berintegrasi dalam kehidupan masyarakat.
Embrio sosiologi Pendidikan adalah penciptaan suasana pembelajaran di kelas da sekolah secara keseluruhan untuk dapat menumbuhkan semangat sosial, saling membantu dan gotong royong.
_Penciptaan kondisi sekolah sebagai miniatur masyarakat.

Wilayah Kajian, yakni proses sosial yang terjadi dalam pembelajaran, pengelolaan lembaga pendidikan, baik internal lembaga pendidikan itu sendiri maupun hubungan dengan masyarakat luar.

Manfaat mempelajari Sosiologi Pendidikan
•    Karena dapat menemukan permasalahan culture yang terjadi dalam pendidikan itu sendiri sehingga kita calon pendidik menemukan solusinya sendiri.
•    Kita dapat mempelajari proses-proses social yang terjadi dalam pembelajaran.
•    Mencari solusi dari hambatan perkembangan menyangkut sosial dan guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata