Oleh:
M.
FeriFirmansyah
NIM.
09110029
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
FAKULTAS AGAMA ISLAM
JURUSAN TARBIYAH
2013
LEMBAR PERSETUJUAN
ANALISIS METODE PEMBELAJARAN K.H. AHMAD DAHLAN DALAM NOVEL SANG
PENCERAH KARYA AKMAL NASERY BASRAL
SKRIPSI
Oleh:
M. FERI FIRMANSYAH
Nim. 09110029
Disetujui oleh
Dosen Pembimbing
Pembimbing I Pembimbing
II
Drs. Faridi, M. Si Drs. Agus Purwadi,
M. Si
Motto
Hidupku adalah WC
Inspirasiku
By MuFe El-Bageloka
Persembahan:
1. Karyainiku
persembahkan untuk Bapakku (Jufri Ahmad) dan Emakku (Mahni) yang selalu mendukungku
2.Adik-adikku;
Fira, Furi danFauzan.
3.
ZainalAbidin Al-Tepali
4.
Kak Ramedan yang
selalu memberiku motivasi setiap kali aku tidak semangat
5.
Ustadz Ali Wafa yang
selalu mengajarkanku Quran
Suratpernyataan
Yang bertanda tangan
di bawah ini :
Nama : M. Feri Firmansyah
NIM : 09110029
Tempat/ Tgl.
Lahir :
Bageloka, 2 Desember 1989
Fak./Jurusan : Agama Islam /Tarbiyah
Menyatakan
bahwaTugas Akhir yang berjudul “ANALISIS METODE PEMBELAJARAN K.H. AHMAD DAHLAN
DALAM NOVEL SANG PENCERAH KARYA AKMAL NASERY BASRAL” adalah bukan karya tulis orang lain, baik sebagian
maupun dalam bentuk keseluruhan, kecuali dalam bentuk kutipan yang telah kami
sebutkan sumbernya.
Demikian
surat pernyataan ini kami buat dengan sebenar-benarnyadan apabila ini tidak benar,
kami bersedia mendapat sanksi akademis.
Malang, 20 Oktober 2013
MahasiswaYbs.,,,,
M. Feri Firmansyah
Abstrak
Nama
: M. FeriFirmansyah
Tempat, tanggal lahir : Bageloka,
2 Desember 1989
NIM
: 09110029
Fakultas : Agama Islam
Jurusan : Tarbiyah
JudulSkripsi : Analasis Metode Pembelajaran K.H. Ahmad
Dahlan dalamNovel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral
Kata Kunci:
Metode dan Novel
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
metode pembelajaran yang diimplementasikan oleh KH.Ahmad Dahlan dalam Novel
Sang Pencerah. Sedangkan rumusan masalah yang hendak dijawab dalam penelitian ini
adalah bagaimana metode pembelajaran yang diimplementasikan oleh K.H. Ahmad
Dahlan dalam Novel Sang Pencerah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif, sedangkan metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah studi pustaka
(Library Research) dengan subjek penelitian
adalah teks-teks sastra dalam novel Sang Pencerah. Adapun teks-teks sastra yang
menjadi subjek penelitian yakni teks-teks yang mengandung nilai-nilai metode
pembelajaran yang diterapkan oleh K.H. Ahmad Dahlan. Pengumpulan data dilakukan
melalui indentifikasi teks-teks sastra dalam novel Sang Pencerah yang
mengandung nilai-nilai metode pembelajaran. Sedangkan model analisis datanya menggunakan
model analisis isi.
Hasil penelitian menunjukkan
bahwa K.H. Ahmad Dahlan dalam mendidik peserta didiknya sebagaimana yang
tertera dalam novel Sang Pencerah dengan menggunakan metode-metode berikut ini:
1). Metode ceramaah atau nasehat; 2). Tanya Jawab; 3). Analogi (Perumpamaan);
4). Reward dan Punishment; 5). Quantum
Learning (Teaching); 6). Praktik;
7). Problem Solving.
Kata Pengantar
Teriring
rasa syukur atas kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan
karunia-Nya, sehingga kami mampu menyelesaikan skripsi ini dengan segenapketerbatasan
yang kami miliki. Shalawat serta salam semoga selalu kami haturkan pada tauladan
sepanjang zaman Nabi Muhammad SAW yang telah membimbing kami dalam kebenaran serta
kesabaran.
Penulisan
skripsi dengan Judul “ANALISIS METODE PEMBELAJARAN K.H. AHMAD DAHLAN DALAM
NOVEL SANG PENCERAH KARYA AKMAL NASERY BASRAL”, adalah karya akhir yang harus dituntaskan
sebagai kenangan dan jejak belajar kami di JurusanTarbiyah Fakultas Agama Islam
Universitas.
Sebagaimanusia
yang memiliki serba keterbatasan dan selalu berinteraksi dengan sesama, maka patut
kiranya kami haturkan matur nuwun kepada
pihak-pihak terkait yang telah membantu dalam penyelesaian skripsi ini,
diantaranya sebagai berikut:
1. UniversitasMuhammadiyah Malang (UMM), selalku almamater
yang telah memberikan kesempatan untuk belajar di JurusanTarbiyah Fakultas
Agama Islam.
2. Dr. Muhajir Effendi, M. AP selaku Rektor Universitas
Muhammadiyah Malang serta para pembantuRektor I, II dan III.
3. Drs. Faridi, M. Si selaku Dekan Fakultas Agama
Islam, terima kasih atas segala perhatian, motivasi, bimbingan dan arahan yang
bapak berikan kepada kami.
4. Drs. Faridi, M. Si dan Drs. AgusPurwadi M. Si, yang
selalu membimbingku dengan ikhlas dan sabar tanpa kenal rasa lelah yang
walaupun terkadang terdapat rasa malas melanda hatiku yang tiada terkira,
semoga Allah membalas kebaikan anda berdua.
5. Bapakku dan Emakku, kalian ibarat pelita yang selalu
mendukung dan menyayangiku, aku selalu rindu kalian berdua.
6. Dra. Romlah, M. Ag selaku dosen wali yang tidak pernah
lelah selalu mengingatkan kami segala berbagaimacammotivasibeliau agar kami
cepat menyelesaikan skripsi ini.
7. Zainal Abidin, yang mempunyai andil besar dalam penyelesaian
skripsi ini dan senantiasa selalu memberikan dukungan moril dan motivasi dikala
kami malas bahkan meminjamkan laptopnya ini demi kelancaran skripsi yang kami
garap ini.
8. Kepada sahabat-sahabatku; Achmad Ferry, Hajier,
Makruf, Kribo, Ahmad dan Izuel yang selalu perhatian kepadaku.
9. Ustadz Faisal Salim, Kak Badarruddin, Mas Sahran,
Kak Ramedan dan Ustadz Jama’an yang selalu memberikanku motivasi dalam setiap masalah
yang kuhadapi ini.
10. Teman-teman seperjuanganku, anak-anak Tarbiyah yang
selalu mensupport dikala aku susah
maupun senang. Aku bangga bisa bertemu dengan kalian.
11. Kepada Takmir Masjid Al-Maun Sengkaling yang telah memberikanku
tempat tinggal selama di Malang ini.
Kami
menyadari bahwa skripsi ini jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangan. Oleh
karena itu, kami menyampaikan terima kasih atas kritik dan saran yang diberikan
dalam rangka perbaikan dan penyempurnaan skripsi ini. Akhirnya, semoga skripsi ini
dapat bermanfaat bagi semua pihak dan menjadi amal di hadapan Allah SWT. Amien.
Malang, 21 Oktober 2013
Penulis
M. Feri Firmansyah
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL…………………………………………………………………i
LEMBAR PERSETUJUAN………………………………………………………...ii
LEMBAR PENGESAHAN…………………………………………………………iii
MOTTO……………………………………………………………………………...iv
PERSESEMBAHAN………………………………………………………………..v
SURAT PERNYATAAN…………………………………………………………...vi
ABSTRAK…………………………………………………………………………..vii
KATA PENGANTAR……………………………………………………………..viii
PEDOMAN TRANSILITERASI…………………………………………………..xi
DAFTAR ISI………………………………………………………………………..xii
BAB I : PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG MASALAH……………………………………1
B.
RUMUSAN MASALAH………………………………………………5
C.
BATASAN MASALAH……………………………………………….5
D.
TUJUAN PENELITIAN……………………………………………….7
E.
MANFAAT PENELITIAN…………………………………………….7
F.
PENGERTIAN ISTILAH………………………………………………8
G.
PENELETIAN TERDAHULU…………………………………………9
H.
SISTEMATIKA PEMBAHASAN…………………………………….10
BAB II : TINJAUAN PUSTAKA
A.
TINJAUAN UMUM TENTANG METODOLOGI
1.
Pengertian metode…………………………………………………12
2.
Hubungan Metode dengan
Didaktik………………………………14
3.
Landasan Pembelajaran menurut Perspektif
Islam……………….15
4.
Klasifikasi Metode
Pembelajaran………………………………….19
a.
Cooperative
Learning…………………………………………..25
b.
Quantum
Learning/ Teaching………………………………….26
c.
Inquiri…………………………………………………………..28
B.
NOVEL
1.
Pengertian Novel……………………………………………………30
2.
Macam-Macam Novel………………………………………………32
3.
Unsur Novel………………………………………………………...35
a.
Unsur Intrinsik Novel………………………………………….35
b.
Unsur Ekstrinsik Novel………………………………………..43
c.
Ciri-Ciri Novel…………………………………………………44
BAB III : METODOLOGI PENELITIAN
A.
METODOLOGI PENELITIAN………………………………………47
1.
Pendekatan Metode
Penelitian……………………………………47
2.
Sumber Data………………………………………………………48
3.
Teknik Pengumpulan
Data……………………………………….48
4.
TeknikAnalisa Data………………………………………………49
BAB IV : PEMBAHASAN
A.
DESKRIPSI NOVEL…………………………………………………53
1.
Biografi Pengarang………………………………………………..53
2.
Biografi K.H. Ahmad Dahlan……………………………………54
B.
METODE-METODE PEMBELAJARAN K.H. AHMAD
DAHLAN KETIKA MENGAJARKAN PESERTA DIDIKNYA........................58
1.
Ceramah /Nasehat…………………………………………………58
2.
Tanya Jawab………………………………………………………58
3.
Analogi…………………………………………………………….58
4.
Reward
danPunishment…………………………………………...62
5.
Quantum
LearningatauTeaching…………………………………62
6.
Praktik /Demonstrasi……………………………………………..65
7.
Problem
Solving…………………………………………………...65
C.
ANALISIS HASIL PEMBELAJARAN K.H. AHMAD
DAHLAN DALAM NOVEL SANG PENCERAH……………………………….68
1.
Ceramah /Nasehat………………………………………………….68
2.
Tanya Jawab……………………………………………………….72
3.
Analogi……………………………………………………………..76
4.
Quantum
LearningatauTeaching…………………………………..80
5.
Reward
dan
Punishment……………………………………………85
6.
Praktik /Demonstrasi………………………………………………88
7.
Problem
Solving…………………………………………………….91
BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN
A.
KESIMPULAN…………………………………………………………97
B.
SARAN…………………………………………………………………98
DAFTAR
PUSTAKA..........................................................................................99
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Mari kita membaca dengan hati plus mata