28 Apr 2014

Jaganlah Menyepelekan Quran

سؤال أحزنني جداً
وجواب أبكاني
سئل فضيلة الشيخ محمد المختار الشنقيطي
س/ تمر علي بعض الأيام وما أقرأ شيئا من القرآن، فهل يعتبر هذا هجرا للقرآن ؟

الجواب :
هذا يعتبر حرمانا وأي حرمان!!
إذا وجدت نفسك تمر عليك الأيام ولم تتل شيئا من كتاب الله فابك على نفسك، فوالله ما حرم عبد طاعة إلا دل ذلك على بعده من الله عز وجل.
قال سفيان الثوري رحمه الله: "أذنبت ذنبا فحرمت قيام الليل ستة أشهر"
فإذا وجدت أن الأيام تمر عليك وليس لكتاب الله حظ في أيامك وساعات ليلك ونهارك، فابك على نفسك واسأل الله عز وجل العافية، وانطرح بين يدي الله عز وجل منيبا مستغفرا، فما ذلك إلا بذنب بينك وبين الله..



Sebuah pertanyaan yg sungguh membuatku sangat sedih...
dan jawabanya membuatku berlinag air mata dlm tangis
Syekh Muhammad Al Mukhtar Al Syinqity ditanya.
Beberapa hari berlalu atasku akan tetapi aku tidak membaca sedikitpun dari Al quraan,apakah sikap ku ini termasuk dalam kategori menyepelekan al quraan?
Jawaban:
Hal ini termasuk sikap yg sangat menyepelekan (al quraan).
Jika engkau mendapati dirimu dalam beberapa hari yg telah lalu sementara engkau tak sedikitpun membaca sesuatu dari kitabullah pada hari2 yg telah berlalu itu, maka tangisilah dirimu, demi Allah tidaklah seseorang terhalang dari sebuah ketaatan kecuali hal tersebut menunjukkan akan jauhnya ia dari Allah Azza wajalla.
Sufyan bin Al Tsaury -rahimahullah - berkata:
"Aku telah melakukan sebuah dosa lalu akupun terhalang melaksanakan shalat malam selama 6 bulan karenanya".
Maka jika engkau mendapati hari2 telah berlalu dalam hidupmu dan tidak ada sedikitpun bahagian yg engkau berikan untuk kitabullah dalam hari2 dan waktu2 mu itu, baik siang maupun malam hari, maka tangisilah dirimu, serta memohonlah kpd Allah perbaikan, bersimpuhlah dihadapan Allah, bertobat dan beristigfar kpd NYA, sebab hal itu tidaklah terjadi kecuali akibat dari dosa yg terjadi antara engkau dan Allah Ta'ala....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata