14 Apr 2014

Kompetensi Wajib Seorang Pendidik

Oleh MuFe El-Bageloka

Menjadi seorang guru merupakan yang tidak disadari oleh manusia, karena seorang guru mempunyai perananan penting dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Tanpa peranan seorang guru tujuan dari pendidikan mustahil terwujud, yakni mencerdaskan anak bangsa baik dari segi intelektual maupun spiritual. Ini selaras dengan konsep Islam yang tertera dalam surat Al-Alaq ayat 1-5:
"Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan, Dialah yang menciptakan manusia dari segumpal darah, Bacalah dan Tuhanmulah yang maha mulia, Yang mengajarkan manusia dengan pena, Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahui-Nya". (QS. Al-Alaq [96]: 1-5).
Surat ini secara tegas menjelaskan bahwa Allah SWT merupakan Dzat yang maha mendidik, ini terdapat pada sajian kata di surat Al-Alaq, salah satu ayat yang penting untuk diketahui pada ayat terakhir "Yang mengajarkan manusia dari apa yang tidak diketahui".
Menurut penulis di sinilah peran seorang guru untuk mencerdaskan peserta didik. Untuk itu ada tiga kompetensi yang harus diketahui oleh pendidik, antara lain:
  1. Kompetensi pedagogik, yakni kompetensi yang dimiliki seorang pendidik, baik dalam mengajar maupun tidak, ini terkait dengan materi dan metodologi pembelajaran.
  2. Psikologi, menurut penulis ini merupakan kemampuan seorang pendidik dalam membaca bahasa tubuh, bakat, skill dan suasana hati peserta didik.
  3. Sosial, yakni kemampuan dalam bergaul dengan masyarakat sekitar dengan kata lain memberi tauladan.
Sudah seharusnya seorang guru menjadi lebih baik, yakni dengan menguasai tiga kompetensi yang telah dipaparkan oleh penulis.

NB:
  • Prof. Dr. M. Feri Firmansyah M. PdI
  • King of Novelis dan Sastrawan
  • 1000 Novel 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata