12 Apr 2014

SILABUS MATAKULIAH


 
1.Identitas Matakuliah
Nama Matakuliah              : BIMBINGAN KONSELING
Kode Matakuliah              : -
Semester                            : VI (Enam)
Fakultas / Jurusan              : Agama Islam / Tarbiyah
Mata Kuliah Prasyarat      : Psikologi Perkembangan, Psikologi Belajar, Sosiologi Pendidikan
Jumlah SKS                      : 2
Jumlah JS Kuliah Teori     : 6 JS
Jumlah JS Kuliah Praktik  : 6 JS
Dosen Pengampu              : Nur Afifah Khurin Maknin, S.Pd.I.,M.Kes


2.      Deskripsi Matakuliah
Mata kuliah ini membahas tentang konsep Bimbingan Konseling (BK) secara teoritik, teknik penelusuran data klien dan praktik konseling sederhana. Pembahasan dimulai dari pengantar BK yang mengulas tentang sejarah BK, keorganisasiannya, dan konsep BK baik secara konvensional maupun yang Islami. Dilanjutkan dengan model implementasi BK di sekolah serta permasalahan yang melingkupinya, pembuatan dan pengolahan data klien dan yang terakhir adalah praktek bimbingan konseling di kelas dan di luar kelas, dengan menggunakan klien yang sesungguhnya.

3.      Standart Kompetensi
Mahasiswa mampu menguasai konsep, teori dan penerapan bimbingan konseling serta prosedur pelaksanaannya di sekolah.

4.      Matrik Pembelajaran

No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Media
Alokasi Wkt
Evaluasi
Sumber Belajar
1.
1.Perbedaan istilah bimbingan, konseling dan penyuluhan
2.Sejarah berdirinya BK, keorganisasiannya dan permasalahan yang melingkupinya
3. Konsep BK konvensional dan BK Islami
1. Mahasiswa/wi mampu memaparkan perbedaan istilah bimbingan, konseling, penyuluhan, terapi dan Psikoterapi.
2. mahasiswa/wi mengetahui dan memahami sejarah berdirinya BK, keorganisasiannya, serta permasalahan yang melingkupinya
3. mahasiswa/wi mampu memahami konsep dan penekanan pada BK konvensional dan BK Islami
Pengantar BK
Ceramah, Tanya Jawab.
LCD, White Board
2 JS
Penugasan kelompok tentang ketiga indicator tersebut dalam bentuk makalah yang menjabarkan secara detail masing-masing indicator
Text Book: Bimbingan dan Penyuluhan, Bimbingan dan Konseling Islami, Pengantar Bimbingan dan Konseling, fenomena kontekstual di sekolah melalui media cetak, artikel.
2.
1.Fungsi layanan BK di sekolah
2.Kedudukan BK dalam struktur organisasi sekolah
3.Peran guru pengajar, guru kelas, dan guru BK dalam proses layanan Konseling
4.Peran guru agama dalam proses layanan konseling
1. Mahasiswa/wi mampu memaparkan fungsi layanan BK di sekolah
2. Mahasiswa/wi mampu memetakan kedudukan BK dalam bagan struktur organisasi sekolah
3. mahasiswa/wi mengerti dan memahami peran guru pengajar, guru kelas, guru BK dan guru agama dalam proses layanan konseling
Fungsi  dan Kedudukan BK di sekolah serta peran masing-masing komponen terhadap proses layanan BK
Presentasi kelompok, ceramah dan Tanya jawab
LCD, White Board, kertas manila
2 JS
Pembuatan Mind mapping fungsi BK di sekolah dan peran masing-masing elemen, serta pembuatan struktur organisasi BK di sekolah secara kelompok
Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Bimbingan dan Konseling, Bimbingan dan Konseling Islami
3
1. Prinsip pelayanan BK di sekolah
2. Etika berkonseling
1. mahasiswa/wi mampu menjabarkan prinsip pelayanan BK di sekolah.
2. mahasiswa/wi mampu menjelaskan landasan teori dan aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam pelayanan BK.
3. mahasiswa/wi mengerti, memahami dan mampu menerapkan etika berkonseling.
Prinsip-prinsip pelayanan BK di sekolah
Presentasi kelompok, ceramah dan Tanya jawab
LCD, White Board
2 JS
Pembuatan makalah secara kelompok tentang penjabaran masing-masing prinsip pelayanan BK secara detail, Landasan yang digunakan dalam konseling, serta etika yang digunakan dalam memberikan konseling
Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pengantar Bimbingan dan Konseling, Profesi Konselor.
4
1.   konselor sebagai profesi
2.   kesehatan mental dan ciri mental sehat.
3.   prasyarat serta kompetensi konselor konvensional dan konselor Islami
1. mahasiswa/wi mampu membedakan istilah profesi, professional, serta perangkat dan prasyarat yang menyertainya.
2. mahasiswa/wi mampu mendefinisikan kesehatan mental, cirri sehat mental menurut WHO dan Islam
3. mahasiswa/wi mampu menyebutkan syarat dan kompetensi utama sebagai konselor konvensional dan Islami.
Profile Konselor
Lokakarya, ceramah dan Tanya jawab
LCD, White Board
2 JS
Makalah secara kelompok yang menjabarkan secara detail tentang keprofesian konselor konvensional dan konselor Islami, serta perihal sehat mental bagi konselor dan guru.
Teori dan Penerapan Kesehatan Mental, Pengantar kesehatan Mental, profesi Konselor.
5
1.Perbedaan konsep pemahaman individu dan pemahaman kelompok
2.teknik pemahaman individu dan kelompok
3.Perangkat yang digunakan dalam layanan BK di sekolah
1. mahsiswa/wi mampu mendefiniskan konsep pemahaman individu dan kelompok.
2. mahasiswa/wi mampu menerapkan teknik yang digunakan dalam pemahaman individu dan kelompok
3. mahasiswa/wi mengerti dan mampu menyiapkan perangkat yang digunakan dalam layanan BK (penelusuran minat dan bakat, tingkat relasi social, prestasi dan kesulitan belajar, pengukuran IQ, EQ dan SQ, penyusunan pedoman pengamatan unt guru dan ortu)
Teknik-teknik pemahaman Individu dan kelompok serta perangkat-perangkat layanan BK
Lokakarya, ceramah dan Tanya jawab
LCD, White Board
4 JS
Makalah individu tentang
Teknik Pemahaman individu, Bimbingan dan Konseling di Sekolah
6
1.Analisa data klien

1. mahasiswa/wi mampu menganalisa data documenter dan data tambahan secara rinci.
2. mahasiswa/wi mampu menyusun pedoman pengamatan klien untuk guru dan ortu.
Analisa data klien
Praktek dan penugasan, demonstrasi
LCD, White Board, kertas HVS kecil
2 JS
Pengolahan data tambahan thd klien individu dan kelompok, mengolah data documenter, menganalisanya, serta penyusunan pedoman pengamatan klien untuk guru dan ortu klien secara individual
Statistic social, Pengantar Bimbingan dan Konseling,
7.
Memaparkan kembali teori dan konsep yang telah diberikan dalam bahasa yang berbeda
80 % hasil paparan sesuai dengan pokok materi yang telah disampaikan
U  T  S
Indoor, individual, student active
Pencil and paper test
2 JS
Essay, close book
Text book reference, pemaparan materi kuliah di kelas dan hasil penugasan
8
Praktek konseling di kelas secara efektif
Mahasiswa/wi mampu mempraktekan proses konseling di kelas secara berpasangan dengan menentukan  sendiri kasus secara fiktif tetapi fenomenal berikut alternative solusi yang ditawarkan
Ketrampilan Studi Kasus di Kelas
Wawancara, pengamatan, analisa kasus di kelas dan presentasi
Lingkungan kelas mhs, dan note book
4 JS
Kognitif, afektif,  psikomotor,comunicative Skill, serta substansi solusi yg ditawarkan
Text book reference, pemaparan materi kuliah di kelas dan hasil penugasan
9
Praktek konseling di lapangan secara efektif
Mahasiswa/wi mampu mempraktekan konseling di lapangan dengan mencari kasus yang real dan fenomenal berikut alternative solusi yang ditawarkan
Ketrampilan Studi Kasus di lapangan
Wawancara, pengumpulan data dan keterangan, pengamatan insidental dan berperan serta, analisa kasus di lapangan
Lingk sekolah, rumah dan komunitas umum
4 JS
Actualitas pemilihan klien dan kasus, Tingkat kesulitan kasus, kelengkapan landasan teori yang digunakan, solusi yang ditawarkan
Text book reference, pemaparan materi kuliah di kelas dan hasil penugasan
10
Praktek konseling di lapangan secara efektif
Mahasiswa/wi mampu mempraktekan konseling di lapangan dengan mencari kasus yang real dan fenomenal berikut alternative solusi yang ditawarkan
Pembimbingan, kunjungan dan pengamatan studi kasus lapangan
Memberikan arahan agar  penanganan kasus bisa efektif serta dampingan terhadap kendala yang dihadapi mhs di lapangan
Tempat kuliah, Lingk sekolah klien, rumah klien &komunitas umum
4 JS
Kesesuaian proses dan prosedur konseling yang di lapangan

11
Praktek konseling di lapangan secara efektif
Mahasiswa/wi mampu mempraktekan konseling di lapangan dengan mencari kasus yang real dan fenomenal berikut alternative solusi yang ditawarkan
Pelaporan, presentasi dan evaluasi hasil studi kasus di lapangan
Presentasi dan evaluasi bersama hasil studi kasus di lapangan
LCD, white board
4 JS
Kelengkapan format dan substansi pelaporan, skill pemaparan, proses konseling dan solusi yang ditawarkan, dituangkan dalam makalah dan kaset rekaman wawancara secara berkelompok
Text book reference, pemaparan materi kuliah di kelas dan hasil penugasan
12.
Implementasi konsep dan teori pokok serta teori penunjang dalam pelayanan konseling dalam bentuk penugasan studi kasus
Mahasiswa/wi mampu memberikan pelayanan konseling islami secara efektif dalam bentuk pelaporan studi kasus
U  A  S
Outdoor/take home, individual, student creative
Lingkungan sekolah klien,
2 JS
Kelengkapan format dan substansi pelaporan, skill pemaparan, proses konseling dan solusi yang ditawarkan
Studi kasus dlam penugasan sebelumnya, referensi pokok dan penunjang, pemaparan materi kuliah,

5.      Sistem Penilaian
    1. Kehadiran                               : 10 %
    2. Keaktifan di kelas                   : 15 %
    3. Penugasan kel&individu         : 15 %
    4. UTS                                         : 30 %
    5. UAS                                        : 30 %

6.      Referensi
a.      Referensi Wajib        :
Djumhur dan Moh Surya        : Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah
Moh. Surya                             : Teori-Teori Konseling
Dra. Hallen A, M.Pd               : Bimbingan dan Konseling
Prof. Prayitno dan Erman Amin : Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling
Winkel                                     : Bimbingan dan Penyuluhan di Institusi Sekolah
                                                : Bimbingan dan Konseling Islami
b.                              Referensi Penunjang
Kartini Kartono                       : Hygiene Mental
Zakia Darajat                          : Kesehatan Mental
Latipun                                    : Kesehatan Mental, Teori dan Penerapan
Moss S                                                : Human Communication Principles and Contest
Jones Aj                                  : Principles Guidence
Singgih D Gunarsa                  : Psikologi untuk Membimbing
Juhana Wijaya                         : Psikologi Bimbingan
Andi Mappiare                        : Pengantar Konseling dan Psikoterapi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata