7 Mei 2014

STRATEGI BELAJAR MENGAJAR

Dalam proses belajar mengajar, seorang guru dituntut harus memiliki atau menguasai metode atau teknik penyajian dalam mengajar,  agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien, agar bisa tercapai tujuan pembelajarannya.

Teknik penyajian pelajaran adalah salah satu cara mengajar yang di pergunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar, dalam kata lain teknik penyajian yang dikuasai oleh guru dalam menyajikan bahan pelajaran kepada siswa didalam kelas, agar pelajaran tersebut dapat dipahami dan dikuasi oleh siswa dengan baik.
Dalam buku strategi belajar mengajar ini terdapat macam-macam teknik penyajian yang di jelaskan secara rinci.
1.    Teknik Diskusi
Teknik diskusi ini biasanya digunakan dalam proses belajar mengajar oleh seorang pengajar, di dalam proses diskusi siswa terlibat langsung / aktif dalam pembelajaran, mereka bisa saling tukar pikiran, mengemukakan pendapat mereka, memecahkan masalah.
2.    Kerja kelompok
Kerja kelompok merupakan salah satu strategi belajar mengajar. Kerja kelompok adalah salah satu cara mengajar dimana dalam kelas siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, kemudian mereka disuruh bersama-sama menyelesaikan tugas yang telah ditentukan oleh guru.
3.    Penemuan (Discovery)
Teknik ini merupakan proses mental dimana siswa mampu mengasimilasikan suatu konsep. Proses mental antara lain adalah mengamati, mencerna, menduga, menjelaskan, dan sebagainya.
4.    Simulasi
Teknik ini pada masa sekarang sudah sering digunakan diberbagai sekolah, di mana murid langsung belajar berperan sebagai orang lain, bias sebagai guru atau yang lain, tergantung pada konteks yang diinginkan.
5.    Unit teaching
Teknik ini memberi kesempatan pada siswa belajar secara aktif dan guru dapat mengenal dan mengusai cara belajar siswa secar unit.
6.    Micro teaching
Cara yang digunakaan dalam teknik ini adalah menyederhanakan semua kegiatan belajar mengajar, baik murid, waktu pembelajaran, materi yang diajarkan, dan keterampilan mengajarnya hanya difokuskan pada beberapa keterampilan saja.
7.    Sumbang saran (Brain-Storming)
Cara ini biasa digunakan oleh guru didalam kelas, dimana guru memberikan suatu permasalahan kemudian siswa mengungkapkan pendapat meraka sehingga masalah tersebut berkembang menjadi suatu masalah baru.
8.    Inquiry
Teknik ini merupakan cara yang digunakan oleh guru untuk mengajar di dalam kelas.  Guru mebagi kelompok kemudian siswa disuruh untuk meneliti suatu masalah, yang kemudian hasilnya akan disusun dalam laporan yang baik.
9.    Eksperimen
Suatu cara mengajar, di mana siawa melakukan suatu percobaan, kemudian hasilnya disampaikan di dalam kelas dan dievaluasi oleh guru.
10.    Karya wisata
Cara ini biasanya paling disukai oleh siswa, karena mereka langsung melihat kenyataan yang ada, diman guru mengajak siswanya untuk pergi ke tempat tertentu di luar sekolah untuk mempelajari sesuatu di tempat itu.
11.    Demonstrasi
Teknik ini hampir sama dengan eksperimen, hanya saja pada demonstrasi murid hanya melihat apa yang dikerjakan oleh guru, ereka tidak melakukan sesuatu atau percobaan.
12.    Teknik penyajian kerja lapangan
Teknik ini hamper sama dengan karya wisata, hanya saja di teknik ini guru mengajak siswa untuk terjun langsung dan ikut berpartisipasi ke lapangan kerja, agar siswa dapat menghayati sendiri serta bekerja sendiri di dalam pekerjaan yang ada di masyarakat.
13.    Sosiodrama dan bermain peran (Roll Playing)
Teknik ini di mana siswa bisa berperan atau memainkan peranan dalam dramatisasi masalah sosial/psikologis. Teknik ini bertujuan agar siswa dapat memahami perasaan orang lain.
14.    Teknik penyajian secara khusus
Teknik ini dilakukan dengan cara memanfaatkan masalah atau kasus yang ditemui oleh siswa untuk di bahas di dalam kelas dan mencari solusi atau penyelesaian.
15.    Teknik penyajian secara sistem regu/team ceaching
Sistem ini dilaksanakan untuk membantu siswa agar lebih lancer tejadinya interaksi belajar mengajar, juga meringankan guru dalam bertanggungjawab bersama dalam pelajaran yang diberikannya.
16.    Latihan/drill
Suatu cara yang di gunakan untuk meningkatkan pengetahuan siswa, yaitu dengan cara latihan-latihan guna membangun kembali daya ingat siswa terhadap pelajaran yang telah di terima.
17.    Tehnik Penyajian dengan Tanya jawab
Tehnik penyajian adalah suatu teknik untuk member motivasi pada siswa agar bangkit pemikirannya untuk bertanya pada pelajaran yang belum dipahami.
    Teknik-teknik di atas adalah sebagian besar strategi yang tertulis dalam buku strategi belajar mengajar dan masih ada banyak lagi. Pada dasarnya buku ini memberikan gambaran pada guru untuk menguasai teknik-teknik tersebut sebelum terjun langsung ke dunia pengajaran. Namun, setiap teknik penyajian mempunyai kelemahan dan kelebihan masing-masing teknik penyajian dikatakan baik bila memenuhi criteria sebagai berikut:
1.    Sesuai dengan tujuan yang dirumuskan.
2.    Dapat dilaksanakan sesuai dengan kemampuan guru.
3.    Tergantung pula pada kemampuan siswa yang belajar.
4.    Serasi dengan banyaknya kelompok.
5.    Melihat waktu penggunaannya dan fasilitas yang ada.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata