31 Mei 2014

Tulisan Inspiratif dari Anak-anak Ibnu Rusyd angkatan 1 Tahun 2014-015

Makna Hakikat Sukses
Oleh Andre Rahman D

Sukses adalah dimana seseorang berhasil atau mencapai suatu tujuan. Untuk bisa sukses kita harus bersabar dan istiqomah untuk mencapai tujuan kita. Kita tidak perlu takut dengan kegagalan, karena kegagalan itu adalah kunci untuk mencapai kesuksesan dan dari kegagalan itu kita mendapat pelajaran atau solusi untuk mencapai kesuksesan. Pengalaman dari sendiri atau orang lain juga bisa menjadi suatu solusi untuk menggapai tujuan itu, misalnya kita belajar dari pengalaman orang tua dan kakak kita.
Biasanya orang sukses itu bisa dilihat dari cara berbicara, cara berpakaian dan cara berfikirnya. Yakni berbeda dengan orang yang kebanyakan yang cenderung berfikir statis.


Cerdas dalam Memilih
Oleh Anggita Rini M. Laksiwi

Hidup semakin hari semakin maju dan terus menuai perkembangan. Dari tradisional hingga metropolitan. Inilah tantangan buat kita, tuntutan yang menjadikan kita berfikir lebih maju. Namun, jangan sampai perkembangan pola pikir menghilangkan jati diri kita dan jati diri bangsa. Kita adalah pokok dari segalanya, kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjunjung nama baik negara ini.
Pola pikir yang maju membuat kita harus lebih selektif memilih, pilihan yang terbaik akan lebih membuat kita menjadi pribadi yang lebih maju tanpa ragu pilihan itu salah, kekecewaan akan menurunkan kepercayaan diri kita.

Hakikat Keberhasilan seseorang
Oleh Aditya Setiawan

Manusia memiliki sifat positif dan negatif. Hal ini bisa kita lihat jika mengetahui apa saja hal positif dan negatif dalam diri kita. Contohnya saja cita-cita yang kita buat sejak awal. Keberhasilan seseorang tidak hanya dari materi saja. Keberhasilan seseorang harus di ukur bagaimana mereka menciptakan hal-hal yang positif yang ada dalam diri menjadi sangat bermanfaat. Bisa kita lihat di zaman saat ini. Bagaimana seseorang yang berhasil hanya dengan materi saja dan yang bisa memanfaatkan hal positif dari mereka, orang yang berhasil dari materi saja pasti akan jatuh kegagalan. Sedangkan orang yang bisa memanfaatkan hal positif dalam diri mereka, tidak akan jatuh pada kegagalan banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengetahui hal positif dan negatif dalam diri kita. Salah satunya dengan menginstrospeksi diri kita sendiri.


Perjuangan Anak Rantau
Oleh Zulfikar Bagas

Aku adalah anak Jawa yang lahir dan besar di Papua. Papua itu keras, ketika aku harus bersaing dalam berbagai bidang dengan putra daerah Papua yang semuanya dilandasi otonomi khusus tak peduli apakah mereka hanya punya kualitas ataupun tidak. Seolah-olah itu mematikan kami ketika pemerintah memindahkan orang tua kami dari jawa ke Papua dengan harapan penghidupan yang layak dan juga memakmurkan papua. Justru pemerintah tidak bisa membuat peraturan yang tegas ketika kekayaan Papua dikeruk bangsa asing. Mereka makmur tapi kami anak Papua menderita ketika otonomi berbicara, ketika hukum adat dijunjung tinggi, hukum tak berfungsi, mana kecerdasanmu wahai pemerintah? Seakan-akan kami dianak tirikan!.
Sungguh tragis ketika pemberitaan di media “menjudge” Papua adalah  daerah konflik, tak aman dan masyarakatnya senang kekerasan, kenapa? Sudahkah anda melihat Papua secara keseluruhan? Saya minta agar daerah Papua lebih diperhatikan lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata